blank
Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang menjadi satu dari dua pejabat utama di Kebumen yang pertama divaksin Covid-19, di RSUD dr Soedirman, Senin 25/1.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABADU.ID) – Setelah tahap pertama Vaksinasi Covid-19 di Kebumen diberikan kepada 10 pejabat dan hanya lolos dua pejabat utama di lingkungan Pemkab Kebumen dan satu tokoh agama, dilanjutkan pemberian untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Sebanyak 900 pegawai dan tenaga medis di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah dr Soedirman (RSUD) Kebumen Jalan Lingkar Selatan, saat ini telah siap divaksin.

Demikian diungkapkan Direktur RSUD dr Soedirman dr Widodo Suprihantoro pada Kegiatan Pencanangan Vaksin Covid -19, Senin (25/1) pagi. Pelaksanaan vaksin untuk pegawai rumah sakit dimulai Senin (25/1) hingga Kamis (28/1) dipastikan selesai.” Ada 900 nakes kita yang akan divaksin, dan Insya Alloh Kamis selesai,”ungkapnya

Mengenai pelaksanaan teknisnya, Widodo menyatakan, sejumlah fasilitas kesehatan di RSUD dr Soedirman Kebumen telah dipersipakan untuk mendukung jalannya program vaksinasi covid-19. Dengan begitu diharapkan dapat berjalan aman dan lancar.

blank
Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Widodo Suprihantoro (kiri) berbicara dengan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama yang divaksin Covid-19 tahap pertama.(Foto:SB/Ist)

Dia jelaskan, untuk proses vaksinasi terbagi menjadi empat tahap. Meja pertama adalah pendaftaran ataupun verifikasi, meja kedua screening untuk mencatat identitas dan keluhan komorbid, meja ketiga pelaksanaan vaksinasi, serta meja terakhir pencetakan kartu dan observasi kejadian ikutan setelah vaksinasi.

Pascavaksin, lanjut Widodo, bagi setiap penerima akan dilakukan observasi selama 30 menit, dan apabila bergejala akan segera dimasukkan ke IGD. Di RSUD dr Soedirman juga telah mempersiapkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan ada sebuah ruangan khusus lengkap dengan tim medis maupun yang lainnya.

“Kami telah siapkan untuk menangani gejala pascaimunisasi vaksin Covid-19, dan setelah divaksin langsung diberikan sertifikat. Sertifikat bisa didownload secara langsung melalui aplikasi yang tersedia,”ucapnya.

Dokter Widodo menambahkan, hingga kini Jumlah pasien Covid- 19 di RSUD dr Soedirman Kebumen ada 50 pasien yang dirawat. Sedangkan jumlah tempat tidur tersisa 26 tempat tidur. Ke depan akan terus meningkatkan pelayanan untuk pasien Covid-19 hingga 100 tempat tidur

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Dwi Budi satrio menyampaikan vaksinasi akan dilaksanakan di 40 tempat layanan kesehatan seperti rumah sakit Pemerintah maupun swasta dan Puskesmas di Kabupaten Kebumen.

Sebelumnya Vaksin Sinovac telah didistribusikan dengan pengawalan ketat dari anggota Polres Kebumen dan Kodim 0709 Kebumen. Adapun alokasi vaksin untuk Kabupaten Kebumen sebanyak 12.800 dosis.

Komper Wardopo