blank
Para mahasiswa dan mahasiswi USM, mencoba mengenalkan kembali beberapa permainan tradisional pada anak-anak di Kelurahan Mangunharjo. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Maraknya permainan modern Game Mobile, saat ini berkembang pesat di Indonesia. Seiring dengan perkembangan koneksi internet yang mudah dijangkau, Game Mobile yang umumnya ramai dimainkan di daerah perkotaan, perlahan mulai merambah pedesaan.

Namun tanpa disadari, hal itu membuat permainan tradisional mulai dilupakan, dan ditinggalkan anak-anak zaman sekarang.

Dan terkait dengan hal itu, para mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), mengadakan kegiatan tentang permainan tradisional. Para mahasiswa mengajak anak-anak yang ada di Kelurahan Mangunharjo, Semarang, untuk melaksanakan permainan tradisional, seperti ular naga dan lempar sandal.

BACA JUGA : UMKM Antusias Mengikuti Pelatihan Pengemasan Pangan yang digelar FTP USM

blank
Tim Kampanye Budaya Melalui Permainan Tradisional dari USM, melakukan foto bersama dengan anak-anak dari Kelurahan Mangunharjo. Foto: dok/ist

”Mengusung tema tradisional, kami ingin anak-anak khususnya anak-anak zaman sekarang, setidaknya tahu dan pernah melakukan permainan tradisional,” ujar Ketua Kampanye Budaya Melalui Permainan Tradisional, Novitri, dalam keterangannya belum lama ini.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan para mahasiswa USM itu, bertujuan mengajak anak-anak untuk lebih mengenal permainan tradisional. Selain itu untuk meningkatkan minat akan permainan itu.

”Ternyata sama asyiknya dengan game online ya mbak,” ujar Kamal, salah satu anak yang mengikuti kegiatan itu.

Dijelaskan Novitri, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi anak-anak akan beragamnya permainan tradisional di Indonesia.

Riyan