blank
Pendangkalan sungai yang menyebabkan air melimpas hingga naik ke atas jembatan yang menjadi jalur penghubung antardusun di Desa Rambat. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Geyer, Grobogan mengakibatkan banjir di Dusun Gambiran, Desa Rambat, Minggu (24/1/2021).

Dari keterangan yang diperoleh disebutkan, banjir terjadi akibat pendangkalan sungai yang mengakibatkan air melimpas ke rumah warga dan jalan desa.

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyaningsih melalui Kasi Kedaruratan, Masrichan menjelaskan, ketinggian genangan air yang merendam rumah warga dan jalan desa kurang lebih 50 sentimeter.

blank
Pemukiman warga tergenang air akibat banjir tersebut. Foto : Hana Eswe.

“Penyebab pertama adanya pendangkalan sungai yang membuat air melimpas ke rumah warga dan jalan desa. Kemudian, untuk penyebab kedua yaitu jembatan desa kurang tinggi, sehingga air melimpas ke jalan desa,” tambah Masrichan.

Dikatakan Masrikan, rumah warga yang tergenang air sebanyak 25 KK. Yakni di wilayah RT 02 RW 03 Dusun Gambiran, Desa Rambat,  Kecamatan Geyer. Namun, air sudah berangsur surut, baik di rumah warga maupun di jalan desa.

Menurut Masrichan, banjir yang terjadi di pemukiman warga yang dekat dengan hutan ada beberapa faktor. Perubahan tata guna lahan di hulu sungai, pohon hutan berubah menjadi tanaman semusim.

“Sehingga air tidak bisa meresap ke tanah, tetapi langsung ke selokan atau sungai. Untuk mencegah terjadinya banjir seperti tadi bisa dilakukan dengan reboisasi, normalisasi saluran air, membuat sumur-sumur resapan dan jangan membuang sisa-sisa pertanian di sembarang tempat,” pungkasnya.

Hana Eswe