Gapura Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara memiliki  191  desa dan kelurahan yang berada di daratan Jepara yang tersebar di 15  kecamatan. Sedangkan 4 desa berada  di wilayah Kecamatan Karimunjawa, yaitu Parang, Karimunjawa, Kemujan dan Genting.

Dari 4 desa yang berada di Karimunjawa, 3 desa masih di zona hijau. Sebab dari Desa Karimunjawa  telah tercatat 1 orang yang pernah terinfeksi Covid-19. Ia searang tenaga kesehatan di Puskesmas setempat Sementara dari 191 desa dan kelurahan yang berada di daratan Jepara, tinggal 1 desa yang masih di zona hijau yaitu  Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang.

Kasmuin, Petinggi Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang

Pada portal resmi Stgas Penanganan Covid-19 Jepara, corona.jepara.go.id desa ini tidak ada satupun warganya yang bernah  terinfeksi Covid-19  sejak virus ini mulai melanda Jepara Maret lalu Juga tidak kasus probable dan suspek.

Menurut Petinggi Dudakawu, Kasmuin desa yang terletak di kaki gunung Muria ini memiliki  penduduk  2.796 jiwa dan memiliki 944 KK yang tersebar di 15 RT dan 5 RW.

Untuk mencegah masuknya virus corona maka pemerintah desa bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda  dan tokoh wanita tidak henti-hentinya untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dan juga berdoa agar desa  dijauhkan dari virus corona.

Hasilnya menurut petingi, masyarakat Dudakawu jika bepergian senantiasa mengenakan masker. Hal lain yang menurut Kasmuin mungkin membuat desa ini tetap di zona hijau adalah pekerjaan warga yang mayoritas petani. “Tiap hari mereka bekerja disawah  sehingga mereka sehat dan memiliki daya imun yang kuat,” ujarnya kepada SUARABARU.ID.

Hadepe – ua