blank
Hendi (kanan) bersama Mbak Ita, saat menghadiri rapat Sidang Paripurna DPRD Kota Semarang, dengan agenda pengumuman penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih Kota Semarang Periode 2021-2024. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai dilakukannnya penetapan pemenang Pemilihan Wali Kota Semarang Tahun 2020 oleh KPU, DPRD Kota Semarang langsung menggelar Rapat Paripurna, untuk mengukuhkan Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita), sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Periode 2021-2024, Jumat (22/1/2021).

Dengan digelarnya Rapat Paripurna itu, maka praktis DPRD Kota Semarang pun menggelar “karpet merah” untuk Hendi-Ita, guna melanjutkan pembangunan di Kota Semarang hingga 2024 mendatang.

Adapun ditetapkannya masa jabatan pasangan Hendi-Ita hingga 2024 ini, didasari atas mekanisme yang terdapat dalam UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017.

Dalam regulasi itu disebutkan, kepala daerah hasil Pilkada serentak 2020, hanya akan menjabat selama tiga tahun, bukan lima tahun. Hal ini mengingat, pada 2024 mendatang, Pilkada serentak akan kembali digelar.

BACA JUGA : Siaga Bencana, Basarnas Semarang Siapkan 105 Personel dan Peralatan

blank
Hendi berharap, jalinan komunikasi yang sudah berjalan baik antara eksekutif, legislatif dan Forkopimda, harus dilanjutkan dan pertahankan, demi percepatan pembangunan. Foto: dok/ist

Hendi sendiri menuturkan, akan memaksimalkan waktu yang ada untuk melanjutkan lompatan besar pembangunan di Kota Semarang, yang telah dimulainya pada periode pertama jabatannya.

Pasalnya, dia tak menampik banyak rencana besar pembangunan di Kota Semarang yang masih tertunda, karena terjadinya pandemi covid-19.

”Sebenarnya tahun 2020 itu adalah tahun finalisasi dari sebuah upaya membangun Semarang Hebat. Tetapi kita tahu, karena pandemi covid-19 banyak anggaran yang tidak bisa direalisasikan, karena digeser untuk penanganan covid-19. Untuk itu, kini kami akan fokus untuk menyelesaikan program pembangunan yang tertunda pada periode pertama, sekaligus merealisasikan janji-janji kampanye,” katanya.

Di sisi lain, Hendi tak lupa menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dirinya bahkan tak malu mengakui, masih adanya kekurangan dalam memimpin Kota Semarang.

Namun dengan kepercayaan besar masyarakat yang membawanya memenangkan Pilwalkot Semarang 2020 dengan persentase 91,56%, dirinya semakin memantapkan diri untuk membulatkan tekad.

BACA JUGA : Mahasiswa Komunikasi USM Sosialisasi Permainan Tradisional untuk Anak-anak

”Kami berterimakasih karena warga Kota Semarang dan seluruh elemen partai politik, yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, Hendi-Ita untuk memimpin pembangunan Kota Semarang hingga tahun 2024,” ungkap dia.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memastikan akan membangun kerja sama dan komunikasi yang baik antar lembaga, demi percepatan pembangunan.

”Kami mengharapkan, jalinan komunikasi yang sudah berjalan baik antara eksekutif, legislatif dan Forkopimda ini, harus kita lanjutkan dan pertahankan demi percepatan pembangunan,” tandas Hendi.

Hery Priyono-Riyan