blank
Setibanya di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung,  6.529 dosis Vaksin Sinovac langsung didistribusikan ke 38 faskes yang digunakan untuk vaksinasi. Foto: suarabaru.id/ Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)- Dengan pengawalan secara ketat dari aparat Polres Temanggung, Pemerintah Kabupaten  Temanggung menyalurkan 6.520 dosis vaksin covid-19 kepada yang tersebar di 33 fasilitas kesehatan  (faskses) yang ada.

Ke-33  faskes tersebut terdiri atas 26 puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung, lima rumah sakit dan dua klinik.

“Kami siap melakukan pengamanan vaksinasi mulai dari kedatangan vaksin di Dinkes Kabupaten  Temanggung, hingga distribusi ke seluruh faskes dan proses vaksinasi,” kata Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi di sela-sela memantau pendistribusian vaksin covid-19, Minggu (24/1) sore.

Benny mengatakan, selain mengawal perjalanan vaksin hingga masing-masing faskes, dalam pengamanan di masing-masing faskes selama 24 jam juga dibantu dari petugas Kodim 0706/Temanggung dan Satpol PP.

Sekretaris III Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Dwi Sukarmei mengatakan, ke-6.520 dosis vaksin yang tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, sebelum didistribusikan ke  38 fasilitas kesehatan (faskes), terlebih dulu disimpan di laboratorium  khusus di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

“Penyimpanan dilakukan dengan suhu lemari khusus sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan, yakni antara dua hingga delapan  derajat celcius,” kata Dwi.

Baca juga Ini Daftar 10 Pejabat Kebumen dan Tokoh Agama yang Divaksin Pertama

Ia menjelaskan, ke-33 faskes yang digunakan untuk melakukan vaksinasi tersebut terdiri atas 26 puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan se Kabupaten Temanggung. Kemudian, lima rumah sakit dan dua klinik kesehatan.

Lima rumah sakit tersebut, yakni RSUD Temanggung, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung, Rumah Sakit Gunung Sawo, dan Rumah Sakit Kristen (RSK) Ngesti Waluyo Parakan. Sedangkan  dua klinik yakni Klinik Polres Temanggung dan Klinik  Kesehatan Kodim 0706/ Temanggung.

Dwi menambahkan,  ke 6.520 dosis vaksin covid-19 tersebut , nantinya akan diperuntukkan khusus bagi 3.426 orang tenaga kesehatan dan tenaga  pendukung  kesehatan lainnya.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi  perdana akan dilakukan  bagi jajaran Forkompinda Kabupaten Temanggung di Pendapa Pengayoman, kompleks rumah dinas jabatan Bupati Temanggung Senin (25/1),” ujarnya.

Yon-wied