blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) melaksanakan pengabdian dengan memberikan motovasi diri secara individu untuk para santri di Panti Asuhan Nurul Ihsan Tlogosari Semarang baru-baru ini.

Mengingat kondisi masih pandemi covid-19 maka metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan tidak dengan kegiatan game-game outdoor namun disesuaikan dengan situasi , kondisi ,tema dan tujuan pengabdian ini yaitu menumbuhkan motivasi diri untuk anak-anak panti asuhan secara personal

Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan oleh tim dari Fakultas Psikologi USM yaitu Purwaningtyastuti, MSi. dan Lisa Ardaniyati, Spsi, MA.

Menurut Purwaningtyastuti, bahwa tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan pengetahuan dan pemahaman tentang motivasi diri serta bagaimana menumbuhkan motivasi diri dengan melihat potensi diri yang dimilikinya.

“Hal ini diperlukan dukungan dan bantuan dari orang yang berkompeten di bidang psikologi sehingga anak-anak panti asuhan ini lebih mengerti dan mampu memperbaiki motivasi dirinya yang dirasa masih kurang” ungkapnya.

“Kegiatan ini diharapkan membawa hasil yang positif bagi anak-anak panti asuhan, mereka lebih mau membuka diri untuk mengenali apa kelebihan dan kelemahan diri, potensi diri dan kekuatan diri sebagai potensi untuk menumbuhkan motivasi dirinya. Disamping itu pula mereka lebih menyadari jika sikap tertutup, kurang percaya diri , minder dan ragu-ragu akan menghambat diri dalam menumbuhkan motivasi dirinya sehingga berpengaruh dalam mengekspresikan kemampuan yang dimilikinya” imbuhnya.

Saiful Hadi – USM