blank
Davide Brivio/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Davide Brivio resmi meninggalkan posisinya sebagai manajer tim Suzuki Ecstar di MotoGP ke direktur balap Alpine di Formula 1 (F1). Alpine meresmikan kedatangan pria asal Italia sebagai direktur balap tim mereka, kemarin. Dia akan memimpin petualangan baru tim Alpine pada F1 musim 2021.

Alpine merupakan rebranding dari tim Renault, induk perusahaan mereka, pada F1 mulai tahun ini. “Kami merasa bahagia untuk mengonfirmasi Davide Brivio akan memperkuat tim kami menjelang kejuaraan Formula 1 musim 2021,” demikian pernyataan resmi tim. “Tugas dan tanggung jawab spesifik Davide bakal diumumkan dalam beberapa minggu ke depan. Dia akan memberi laporan kepada CEO Alpine Laurent Rossi,” tambah pernyataan itu.

Brivio bergabung dengan Alpine dengan membawa pengalaman dan kesuksesan besar selama lebih dari 20 tahun di MotoGP. Alex Rins, salah satu pembalap Suzuki, mengucapkan selamat atas penunjukan Davide. Menurut Rins, mantan manajer Valentino Rossi itu telah melakukan pekerjaan luar biasa bagi Suzuki.

Brivio memiliki pengalaman panjang sebagai manajer tim di MotoGP. Pencapaiannya semakin menarik karena mengubah tim semenjana menjadi juara. Kesuksesan pertamanya yang tersorot adalah ketika Valentino Rossi dari Honda untuk pindah ke Yamaha yang kala itu terseok-seok.

Keputusan Brivio itu mampu menyulap tim pabrikan yang tak pernah menang pada 2003 menjadi tim juara pada dua musim berikutnya. Davide bergabung dengan Suzuki ketika pabrikan asal Hamamatsu itu merencanakan kembali ke MotoGP pada 2015. Dia secara perlahan membawa Suzuki mampu bersaing di posisi terdepan.

Puncaknya, pabrikan yang semula diremehkan berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP melalui Joan Mir pada musim 2020. Menurut Rossi, kemampuan Brivio dalam menghadirkan keharmonisan di dalam tim sebagai salah satu kunci kesuksesan Suzuki di MotoGP.

rr