Tim Pengabdian Masyarakat FH Unissula, berfoto bersama denngan pemilik Bella Collection dan warga Sembungharjo Genuk Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari beberapa dosen di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, belum lama ini melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Sembungharjo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Tema penting yang digunakan tim dari Unissula yang diketuai Dr Lathifah Hanim SH MHum MKn, dengan anggota Dr Maryanto SH MH, Dr H Djunaedi SH SpN, Dr H Dwi Wahyono SH CN dan Dr Hj Sukarmi SH MH itu yakni, Pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) Guna Percepatan Pembangunan di Era Pandemi Covid-19.

Menurut Dr Lathifah, identitas dari suatu perusahaan salah satunya adalah NIB. Fungsi NIB sendiri menggantikan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API) dan akses kepabeanan.

BACA JUGA : Pentingnya IUMK bagi Pelaku Usaha Kecil

”NIB tidak saja mempermudah badan untuk mendapat izin resmi atau legalitas, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk proses mengelola usaha dalam jangka panjang. Dengan NIB, setiap pelaku usaha dengan bentuk badan usaha atau non badan usaha, memiliki nomor identitas Nasional sebagai pengenalnya,” kata Dr Lathifah, dalam keterangannya.

Diungkapkan dia, kegiatan ini merupakan salah satu tugas dosen, guna mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi, selain melakukan mengajar dan meneliti. Tugas yang lain adalah, melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, diikuti ibu-ibu warga di Kelurahan Sembungharjo, yang bekerja sama dengan Bella Collection. Bella Collection sendiri merupakan industri rumahan, dengan produknya berupa aneka tas bersulam pita, masker kain, tepung kriwil crispy dan minuman rempah-rempahan.

Tim Pengabdian Masyarakat FH Unissula Semarang, Dr Lathifah Hanim SH MHum MKn dan Dr Hj Sukarmi SH MH, berfoto bersama pemilik Bella Collection, Sulistyowati (kerudung hitam). Foto: dok/ist

BACA JUGA : Teliti Kekerabatan, Tabayyun dan Pemimpin Religius Sri Anik Raih Doktor

”Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga Sembungharjo, Genuk, Semarang, terhadap pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB),” tambahnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode focus grup discussion, penyuluhan, praktik, pendampingan serta evaluasi kegiatan. Partisipasi dan antusiasme warga dalam kegiatan ini sangat baik.

Kelompok mitra (Bella Collection) pun, berkontribusi aktif dalam pengadaan keperluan pelatihan, serta aktif berbagi pengalaman terhadap pentingnya NIB.

Kami berharap, pemahaman akan pentingnya kepemilikan NIB, akan mampu mengembangkan usahanya lebih cepat dan bebas gangguan, serta memudahkan pinjaman untuk pembiayaan perusahaan,” tukas Dr Lathifah.

Riyan