blank
Ketua PC GP Ansor Kota Semarang Rahul Saiful Bahri, Camat Ngaliyan Agus Priharwanto SSos MM, Kapolsek Ngaliyan AKP R Justinus dan Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor Ngaliyan Agus setiawan, membagikan masker dan handsanitizer di Pasar Mangkang Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) dan Barisan Ansor Serbagunaa (Banser) Kota Semarang, secara serentak menggerakkan Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan se-Kota Semarang, untuk membagikan masker dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Ketua PC Ansor Rahul Saiful Bahri, Minggu (17/1/2021) menjelaskan, kegiatan itu dilakukan kepada para pedagang di pasar-pasar, toko, warung-warung, masjid dan mushala pondok pesantren, tempat layanan umum dan lain-lain.

Di Pasar Ngalian, Ansor membagikan masker, handsanitizer dan vitamin. Selain Rahul Saiful Bahri, ada pula Camat Ngaliyan Agus Priharwanto SSos MM, Kapolsek Ngaliyan AKP R Justinus dan Ketua PAC Ansor Agus Setiawan.

BACA JUGA : Pesan Menyentuh Kakanwil Kemenag Jateng Usai Lantik Pejabat Baru

Sambil membagikan APD, mereka mengajak para pedagang dan pengunjung pasar melakukan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pada kegiatan ini, para pedagang terlihat sangat senang menerima bantuan masker, handsanitizer dan vitamin dari Ansor.

”Kegiatan bakti sosial ke pasar dan tempat ibadah ini merupakan bagian dari jihad kemanusian. Kepedulian kita untuk ikut berikhtiar mencegah covid-19,” kata Rahul.

Menurutnya, selain menggerakkan PAC Ansor-Banser se-Kota Semarang, kegiatan ini juga melibatkan Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (Lazisnu) dan Fatayat NU.

Alhamdulillah, kami juga mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Semarang. Terima kasih Mas Hendi,” ujarnya, seraya menyampaikan, kegiatan membagikan 1.000 masker, vitamin dan handsanitizer, juga dilakukan di Kelurahan Bulu Lor.

blank
Pedagang dan pengunjung pasar merasa senang, karena mendapatkan bantuan maskes dan handsanitizer. Foto: dok/ist

BACA JUGA : Hipotermia, Mulida Pendaki Gunung Muria Dievakuasi Tim SAR

Diungkapkan dia, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11-25 Januari 2021 ini, Ansor tidak melaksanakan kegiatan pengkaderan. Mereka fokus membantu pemerintah dalam pencegahan covid-19.

”Kami selalu berkoordinasi dengan PCNU, baik syuriyah maupun tanfidziyah dan para pembina Ansor, sebelum melaksanakan kegiatan. Saat ini, jadwal pengkaderan kami tunda, untuk membantu mengatasi pandemi covid-19 ini,” imbuh Rahul.

Sedangkan Ketua PCNU KH Anasom meminta, Ansor dan Fatayat sebagai garda terdepan NU, bersama-sama badan otonom dan lembaga lain, untuk terus melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, termasuk mencegah penyebaran covid-19.

Riyan-Sol