blank
CPNS baru di Pemkab Wonosobo mengkuti latihan apel pagi di halaman SMP Negeri 2. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Hari terakhir kegiatan orientasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru di lingkungan Pemkab Wonosobo dimanfaatkan untuk apel pagi di halaman SMP Negeri 1 Wonosobo dan tempat lainnya, Jumat (15/1).

Sebelumnya para calon abdi negara itu, juga telah mengikuti orientasi fisik, mental dan ideologi wawasan kebangsaan. Karena masih dalam pandemi global Covid-19 orientasi CPNS baru disebar di empat tempat.

Empat tempat tersebut, yakni halaman Gedung Adipura, SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 Wonosobo dan SMP Negeri 2 Selomerto. Hal itu, dilakukan untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) menghindari kerumunan dan keramaian.

Bintara Staf Operasi Kodim 0707/Wonosobo Pelda Sutardi mengatakan orientasi fisik dan mental diberikan dengan materi pendidikan baris-berbaris (PBB), aneka permainan dan outbond yang dipandu anggota TNI-AD Kodim 0707/Wonosobo.

“Orientasi fisik dan mental diberikan agar CPNS baru tersebut nanti betul-betul siap bekerja secara fisik maupun mental di instansinya masing-masing. Mereka harus menyiapkan jiwa dan raga untuk mengabdi pada negara,” tegasnya.

Sedang orientasi wawasan kebangsaan, sambung dia, sebagai bekal untuk mencintai tanah air. Ideologi berbangsa dan bernegara sangat penting diberikan karena mereka adalah abdi negara yang siap berjuang sesuai profesi baru yang disandangnya.

Apel Pagi

blank
Materi wawasan kebangsaan diberikan pada CPNS baru di lingkungan Pemkab Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Adapun dalam apel pagi CPNS baru, menurutnya, peserta dilatih tata cara apel pagi yang benar dan manfaat yang dapat diperoleh. Sebab, ke depan di instansinya masing-masing, mereka diwajibkan mengikuti apel pagi sebelum mulai bekerja di hari itu.

“Apel pagi jangan dianggap sebagai hal yang rutinitas saja. Manfaat apel pagi banyak sekali. Seperti sebagai pusat informasi. Di apel bagi biasanya banyak disampaikan informasi penting berkaitan dengan tupoksi instansi,” katanya.

Disampaikan, para CPNS/PNS harus terus-menerus tahu dan mengerti perihal berbagai informasi terkait instansinya. Momen apel pagi adalah salah satu kesempatan yang bagus untuk imengup-date informasi terbaru.

“Dengan apel pagi juga dimaksudkan untuk membentuk perilaku disiplin. Sekaligus meningkatkan budaya kerja yang sehat dan bersih di kalangan abdi negara. Membangun sikap positif dan semangat kerja yang tinggi,” papar dia.

Pihaknya mengajak CPNS baru untuk melatih tingkat kedisiplinan, kesadaran nasional, tanggung jawab dan pengabdian sebagai aparatur pemerintah. Apel pagi harus diikuti secara rutin dan teratur. Bukan sekadar memenuhi kewajiban belaka.

“Kegiatan apel pagi juga merupakan media pengecekan jumlah personil yang hadir dan kesiapan pegawai menerima perintah atasan. Tanpa ada apel pagi, seorang pimpinan tidak akan mengetahui anak buah masuk atau tidak,” pungkasnya.

Muharno Zarka