blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – SMK N Kalinyamatan Jepara (dengan kreasi olahan pangan Ulung) BERHASIL MERAIH Juara I lomba olahan pangan “Kreasi Olahan Pangan Lokal Bagi Siswa SLTA” yang digelar Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Semarang (FTP – USM) secara daring pada Kamis (14/1).

Juara II diraih oleh peserta dari SMA N 1 Suruh (dengan kreasi olahan pangan Sawut), dan juara III diraih oleh peserta dari SMK N 6 Semarang (dengan kreasi olahan pangan Lokies).
Sedangkan untuk juara favorit produk diraih oleh peserta dari SMK Kimia Industri Theresiana Semarang (dengan kreasi olahan pangan Gethuk ChoCheez) dan juara favorit berdasarkan hasil polling diraih oleh peserta dari SMA N 11 Semarang Tim 1 (dengan kreasi olahan pangan Bolo Kukusem).

Rektor USM Andy Kridasusila pada saat membuka acara menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta siswa-siswi SLTA yang pada hari ini telah berkontribusi dalam kegiatan ini karena merekalah sebagai generasi penerus bangsa di masa depan yang akan memegang peranan penting dimana saat ini para peserta sudah mempunyai kemampuan dan ketertarikan terhadap kreasi dan inovasi olahan pangan lokal sehingga dengan komitmen dan passion yang mereka punya yang akan dapat meningkatkan kompetensi mereka, syukur-syukur mereka dapat mengembangkan potensi kemampuan keilmuannya di program studi S-1 Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian USM.

blank“Melihat dari acara lomba kreasi pangan ini menjadi sesuatu hal yang luar biasa dari Fakultas Teknologi Pertanian USM untuk mensupport bagaimana bahan-bahan baku yang ada di lokal Indonesia dikembangkan menjadi olahan-olahan pangan yang nantinya bisa dikonsumsi oleh masyarakat, baik masyarakat lokal, masyarakat nasional maupun dapat diterima oleh masyarakat internasional yang tentu saja nantinya ada acuan-acuan peraturan yang terkait dengan kesehatannya dan kualitasnya”ungkap Andy.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian USM Dr. Ir. Haslina, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan lomba ini digelar sebagai upaya untuk mendorong kreativitas dan inovasi peserta lomba pada olahan pangan lokal sehingga melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan atau mengembangkan resep olahan pangan yang beragam, gizi seimbang, dan aman dengan memanfaatkan pangan lokal yang bernilai komersial dan digemari oleh masyarakat.

Sementara menurut ketua panitia C. Hari Wibowo, S.Pt., M.P. menyampaikan bahwa acara lomba ini merupakan salah satu bentuk upaya yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknologi Pertanian USM, untuk menumbuh kembangkan jiwa kreativitas siswa dan siswi SLTA khususnya di dalam pangan lokal.

“Acara lomba ini diikuti oleh siswa – siswi SLTA, setelah melalui tahapan yang cukup panjang mulai dari pendaftaran (19 November 2020 s.d. 10 Januari 2021), unggah video sampai desk evaluasi/seleksi administrasi, dan pada akhirnya terpilih 12 peserta terbaik (Jateng 10 peserta, Jabar 1 peserta dan Jatim 1 peserta), yang pada hari ini akan memaparkan hasil karyanya di hadapan dewan juri secara virtual”tuturnya.

Saiful Hadi-USM