blank
Presiden Joko Widodo divaksin. Jokowi adalah orang pertaa yang mendapatkan vaksinasi covid-19 di Indonesia. "Tidak terasa sama sekali," katanya sambil tertawa. Foto: Tangkapan layar: wied

JAKARTA (SUARABARU.ID)  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan kesempatan divaksin covid-19 pertama di kompleks Istana, Rabu (13/1/2021).

Tampak sebelum vaksinasi dilakukan, Presiden Jokowidodo menyerahkan selembar kertas, yang kemudian dibaca oleh Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Dr Abdul Muthalib, sambil memberikan penjelasan.

Dalam siaran langsung youTube Sekretariat Kepresidenan tampak, selanjutnya Presiden duduk di kursi, seorang mempersiapkan vaksin dari ampul ke jarum suntik.

Selanjutnya, Dokter Kepresidenan Prof Dr Abdul Muthalib menyuntikkan vaksin co-19 produk Sinovac itu  ke lengan kiri Jokowi. “Tidak terasa sama sekali,” kata Jokowi sambil tertawa.

Vaksinasi dilanjutkan dengan penyuntikan kepada Ketua IDI, Perwakilan PBNU, Ketua IDI, Panglima TNI, Kapolri, Menkes, perwakilan agama, pengusaha, selebritas, buruh, pedagang pasar, dan lain-lain.

Sebelum disuntik, Jokowi dites tekanan darah dan ditanya ada atau tidaknya gejala yang ia rasakan. Setelah itu proses penyuntikan dilakukan di meja ketiga. Tak lama kemudian, dokter menyuntikkan vaksin ke tubuh orang nomor satu di Indonesia itu. Penyuntikan vaksin untuk Jokowi dilakukan oleh Prof Dr Abdul Muthalib, Wakil Ketua Dokter Kepresidenan.

Raffi Ahmad

Selain Jokowi, sederet pejabat lain juga turut divaksinasi. Di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua PB IDI dr Daeng M Faqih.

blank
Raffi Ahmad termasuk yng mendapatkan kesempatan untuk divaksin bersamaan waktunya dengan Presiden Jokowi. Raffi divaksin mewkili anak-anak muda. Foto: Tangkapan layar: wied

Yang menarik juga tampak dalam urutan mereka yang divaksin adalah selebritas Raffi Ahmad. Raffi terpilih untuk mendapatkan jadwal vaksin awal ini, mewakili kalangan muda. Raffi divaksin setelah sebelumnya Menkes Budi Gunadi.

Setelah jarum disuntikkan ke lengannya, Raffi yang mengenakan masker dan face shield tampak memberikan kode jempolnya, sebagai tanda tidak ada masalah dengan vaksinasi itu. Setelah divaksin kemudian Raffi diminta menunggu sekitar setengah jam untuk dilakukan monitoring dan observasi.

Widiyartono R