blank
Suasana balapan Formula 1 GP Bahrain pada musim 2020. (dok)

LONDON (SUARABARU.ID) – Formula 1 (F1) 2021 kembali mengalami perubahan jadwal. Selepas Australia dan China ditunda, Grand Prix (GP) Bahrain bakal menjadi seri pembuka tahun ini. F1 biasanya selalu dibuka di Australia sesuai tradisi yang ada.

Namun, pandemi Covid-19 membuat berantakan kebiasaan itu sejak musim lalu ketika F1 baru dimulai pertengahan tahun di Eropa. Untuk dua musim beruntun, Australia tak akan menjadi seri pembuka karena adanya aturan larangan bagi pendatang ke negara itu. Balapan di Sirkuit Albert Park, Melbourne, diundur ke 21 November dari seharusnya 21 Maret.

Bukan cuma Australia, China juga mengundurkan balapan F1 yang seharusnya digelar 11 April. Juss Event selaku promotor balapan di Shanghai, meminta F1 untuk mencari tanggal baru. Alasannya pun sama, karena adanya larangan terbang ke negara itu demi menekan penyebaran Covid-19.

Karena itu, F1 langsung mengubah lagi kalender balapan musim ini. GP Bahrain dimainkan pada 28 Maret bakal jadi seri pembuka yang dilanjutkan ke Eropa pada 18 April di Sirkuit Imola, San Marino, bertajuk GP Emilia Romagna. Masuknya Imola dalam daftar tunggu juga karena Vietnam kembali membatalkan keikutsertaannya dalam balapan F1 tahun ini.

Vietnam memang tidak ingin terpapar lagi virus korona karena mereka adalah salah satu negara dengan tingkat penularan paling sedikit. Dengan perubahan jadwal ini, maka ada satu slot kosong pada 2 Mei yang kemungkinan akan diisi GP Portugal di Portimao yang sebelumnya masuk daftar tunggu.

Perubahan lainnya adalah GP Brasil maju sepekan ke 7 November, lalu balapan perdana di GP Arab Saudi diundur ke 5 Desember. Musim ini ditutup pada 12 Desember di Abu Dhabi.

rr