blank
Perwakilan Dinkes Provinsi Jateng membagikan vaksin Sinovac untuk Kota Semarang, yang diterima Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kota Semarang, dr Mada Gautama (kanan). Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kota Semarang mendapat jatah total 9.800 vial Vaksin Sinovac, untuk mengatasi pandemi covid-19. Keseluruhan vaksin itu, kini disimpan di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Abdul Hakam, membenarkan jika pihaknya telah menerima distribusi vaksin covid-19 dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa (12/1/2021) pukul 11.00 WIB, yang diwakilkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kota Semarang, dr Mada Gautama.

Adapun jatah 9.800 vial itu, setara untuk 4.900 tenaga kesehatan (nakes) Kota Semarang, yang nantinya akan diprioritaskan dalam program vaksinasi tahap pertama.

BACA JUGA : Begini Alasan Vaksinasi Pertama di Tiga Daerah Jateng Versi Ganjar

Selanjutnya, Semarang akan menerima 38.240 vial atau setara dengan 19.120 sasaran, dan akan didistribusikan untuk Kota Semarang secara bertahap.

”Kegiatan penyuntikan vaksin pertama di Kota Semarang akan diberikan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersama Forkopimda Kota Semarang, yang akan dilakukan pada tanggal 14 Januari 2021, di Balai Kota Semarang,” katanya.

Hakam menambahkan, nantinya total ada 10 tokoh yang akan divaksin untuk yang pertama kali. Selain Wali Kota Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu, sejumlah pimpinan lembaga/instansi, juga akan ada beberapa perwakilan tokoh masyarakat lainnya.

Kemudian, setelah 10 tokoh itu divaksin lalu dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada para nakes yang ada di Kota Semarang. Total nakes yang ada di Kota Semarang berjumlah sebanyak 15.488 orang, dan semuanya akan divaksin secara bertahap.

”Untuk proses vaksinasinya, nanti akan dilakukan di 58 titik, yaitu di 37 puskesmas dan 20 rumah sakit Kota Semarang, dan satu di balai kesehatan masyarakat (Balkesmas),” imbuh Hakam.

Hery Priyono-Riyan