blank
Petugas Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Fanny, tengah mencoba program Whatsapp Gateway, hari ini. Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Magelang tengah mengembangkan layanan informasi terbaru untuk masyarakat. Layanan tersebut bisa diakses melalui nomor whatsapp 0888-0290-7970.

Melalui layanan Whatsapp Gateway itu masyarakat bisa mengakses berbagai informasi seputar Kabupaten Magelang.

“Saat ini informasi yang bisa diakses masyarakat di antaranya status zonasi Covid-19 hingga wilayah kecamatan. Itu adalah layanan buatan Diskominfo produk terbaru,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra Wacana, Selasa (12/1/2021).

Untuk mengakses layanan itu cukup mudah. Ketik apa saja lalu kirim ke nomor whatsapp tersebut. Maka sistem akan menjawab jenis-jenis layanan yang bisa didapatkan, salah satunya zonasi corona.

“Misalnya ketik corona#zonasi#mertoyudan. Tunggu satu menit paling lama, nanti akan muncul seluruh desa yang ada di Kecamatan Mertoyudan, apakah wilayah itu termasuk katagori tidak terdampak, risiko sedang, atau risiko tinggi,” imbuh Kepala Bidang Aplikasi, Informatika dan Statistik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi.

Layanan itu baru dikembangkan selama satu minggu terakhir. Ke depan diharapkan semakin banyak informasi yang bisa diakses menggunakan whatsapp gateway itu.

“minta info apa pun boleh, tapi sementara yang dibangun kemarin baru untuk mengatasi corona ini, berkaitan dengan zonasi. Karena banyak warga yang  bertanya-tanya, zonasi kampung dia tu apa sebenarnya,” pungkasnya.

Eko Priyono