blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (tengah) menandatangi prasasti peresmian dua apartemen dan satu masjid. Ikut mendampingi Bupati Joko Sutopo (berpeci) dan Bupati Kusnindar Untung Yuni Sukowati bersama Kapolres AKBP Chritian Tobing (kanan) dan Kapolres AKBP Yuswanto Ardi (kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kamis (7/1), meresmikan apartemen Sanika Satyawada dan Masjid Al Ma’ruf Polres Wonogiri, serta meresmikan apartemen Satya Haprabu Polres Sragen. Upacara peresmian dua aparetemen dan masjid tersebut, dipusatkan di Mapolres Wonogiri.

Kapolda hadir di Mapolres Wonogiri beserta para Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng. Kedatangannya, disambut oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing didampingi para PJU Polres Wonogiri, beserta Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan jajaran Forkompinda Wonogiri. Juga hadir Bupati Sragen Dokter Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Kapolres AKBP Yuswanto Ardi beserta jajaran Forkompinda Sragen, para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Jajaran TNI dari Kodim 0728 Wonogiri beserta anggota Polres setempat, memberikan sambutan dengan bernyanyi bersama dan meneriakkan yel-yel sinergitas.

Kapolres Wonogiri, menyatakan, pembangunan apartemen Sanika Satyawada menempati lahan seluas 2.550 Meter Persegi (M2), yang merupakan tanah hibah dari Pemkab Wonogiri. Pembangunannya menggunakan anggaran DIPA Polres Wonogiri Tahun 2020 sebesar Rp 17 milyar.

Apartemen dibangun tiga lantai, dengan prototipe rumah tipe 36 dengan total sebanyak 32 unit, dan merupakan rumah dinas bagi anggota dengan biaya sewa ringan. Kata Kapolres, dahulu lahan ini merupakan lapangan menembak. Apartemen tersebut, dibangun sebagai upaya membantu program sejuta rumah, dalam mendorong anggota agar lebih profesional, modern dan terpercaya.

Untuk renovasi pembangunan Masjid Al Ma’ruf, yang berada di kompleks Mako Polres Wonogiri, merupakan hibah Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp 326 juta rupiah, dan dana infak anggota sebesar Rp 124 juta rupiah. Awalnya tempat ibadah ini hanya seluas 36 M2, tapi kini diperluas menjadi 175 M2, dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa bagi anggota.

blank
Menandai peresmian dua apartemen dan satu masjid, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, berkenan melakukan pengguntingan untaian bunga melati, dengan didampingi Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kiri) dan Kapolres AKBP Christian Tobing (kedua dari kanan).

Sarpras Prototype
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres AKBP Christian Tobing, juga melaporkan bahwa saat ini juga sedang membangun gedung Sarana Prasarana (Sarpras) Prototype dua lantai dengan anggaran Rp 22,9 Miliar. Lokasinya di dekat Terminal Induk Bus Giri Adipura, Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kata Kapolres, lahan yang dipakai untuk membangun gedung Sarpras prototype, juga merupakan tanah hibah dari Pemkab Wonogiri. Dengan fasilitas gedung Sapras Prototype itu, diharapkan masyarakat akan lebih mudah dalam pengurusan SIM, karena akan dilayani model one gate system. ”Semua ini, dalam rangka menuju wilayah birokrasi bersih melayani,” tandas Kapolres.

Ikut memberikan sambutan, Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Bupati Sragen Dokter Kusnindar Untung Yuni Sukowati. Kedua Bupati ini, menyatakan, pemberian hibah tanah kepada Polres, itu dilakukan dalam upaya membangun sinergitas, utamanya dalam mendukung peningkatan pelayanan kepolisian kepada warga masyarakat. Yakni sebagai bentuk kebersamaan, dalam mewujudkan polisi yang profesional modern dan terpercaya, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Pandemi Covid
Kapolda Jateng, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Wonogiri dan Pemda Kabupaten Sragen, yang peduli memberikan hibah tanah untuk mendukung terwujudnya pembangunan Sarpras Kepolisian di dua Polres tersebut. Yang itu, dilakukan di tengah pandemi Covid-19, yang berimplikasi pada sektor ekonomi, sosial dan kemasyarakatan.

blank
Upacara peresmian dua apartemen Polres Wonogiri dan Polres Sragen, dipusatkan di Mapolres Wonogiri. Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dalam kesempatan tersebut berkenan menanam pohon memorial didampingi Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri).

Kapolda menegaskan, pihaknya akan bersinergi dengan Pemda untuk memperkuat operasi yustisi, agar pembatasan skala besar di Jateng dapat berjalan lancar. Termasuk mengaktifkan peran Unit Kecil Lengkap (UKL) di semua jajaran Polres se Jateng, yang di dalamnya merupakan Tim Gabungan Polri, TNI bersama institusi terkait. Sesuai arahan Bapak Gubernur, tandasnya, kita harus lakukan gas rem terkait Covid-19. Satgas Penanggulangan Covid-19 setiap hari melakukan kegitan operasi yustisi, guna mendidik masyarakat agar tidak terjadi cluster baru.

Pada bagian lain sambutannya, Kapolda menyebutkan, Wonogiri dan Sragen adalah dua daerah yang telah sukses menyelenggarakan Pilkada Tahun 2020 secara aman dan selamat. ”Terimakasih Pak Bupati dan Ibu Bupati atas hibah tanahnya. Polri milik masyrakat, berikan kami yang baik, maka kami akan berikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Kapolda.

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo, dan Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, menyebutkan, dalam rangkaian acara peresmian tersebut, Kapolda Jateng berkenan melakukan penanaman pohon memorial, dan pemberian santunan kepada para santri di sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur