blank
Warga bersama personil TNI Koramil 9/Kepil Wonosobo kerja bakti membersihkan Sungai Sibungkang. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna mengantisipasi musibah banjir di musim penghujan, saluran air di Sungai Sibungkang Kelurahan Kepil Wonosobo, dibersihkan warga setempat dibantu beberapa personil TNI dari Koramil 9/Kepil, Kamis (7/1).

Tidak itu saja, kerja bakti juga melibatkan relawan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Wonosobo, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Kepil, aparat Kelurahan Kepil dan anggota Kelompok Tani Ngudi Raharjo setempat.

Babinsa Kepil Serka Bangun Widodo mengatakan pembersihan saluran air Sungai Sibungkang ini banyak manfaatnya. Seperti saluran menjadi lancar, karena tidak ada sampah yang nyangkut dan menghambat laju air.

“Apalagi saat ini sedang musim hujan. Jika ada sumbatan sampah, air sungai tidak bisa mengalir secara lancar dan dapat mengakibatkan bencana alam banjir bandang. Bila itu terjadi maka kerugian bagi warga sekitar,” ujarnya.

Debit Air

blank
Sungai yang bersih dari sampah akan membuat saluran air lancar. Foto : SB/Muharno Zarka

Saluran air sungai yang bersih maka debit air akan semakin besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan air untuk mengairi sawah pertanian, kolam ikan dan sebagainya. Sebab kebersihan air sungai membuat air yang masuk semakin banyak.

“Dengan air bersih akan kelihatan bagian saluran yang rusak menyebabkan kebocoran. Kegiatan pembersihan sungai juga memperpanjang usia pakai saluran irigrasi. Air yang lancar maka hasil pertanian dan perikanan warga akan meningkat tajam,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar benar-benar peduli terhadap kondisi sungai di sekitarnya. Sekiranya ada saluran air yang mengalami pendangkalan atau penyumbatan segera dilaksanakan kerja bakti bersama.

Ketua Gapoktan Ngudi Raharjo Kelurahan Kepil Muhson mengucapkan banyak terima aksih kepada personil Koramil 9/Kepil yang telah membantu membersihkan saluran irigasi Sungai Sibungkang. Warga semakin semangat dalam bekerja sehingga bisa membersihkan salauran air sepanjang 1,5 kilometer.

“Saluran ini bisa mengaliri kurang lebih 75 hektar sawah milik warga sekitar. Keberadaan saluran air sungai yang bersih sangat bermanfaat sekali. Warga harus secara rutin bersama-sama membersihkan, menjaga saluran air irigrasi agar tetapbbersih dan lancar,” pungkasnya.

Muharno Zarka