blank
Almarhum Ashar Ekanto bersama keluarga

JEPARA(SUARABARU.ID) – Duka mendalam bukan  saja menyelimuti keluarga besar almarhum Ir Ashar Ekanto, tetapi juga keluarga besar Pemerintah Kabupaten Jepara. Sebab almarhum adalah salah satu pejabat utama yang berdedikasi, ramah,  sederhana serta memiliki kompetensi dibidang tugasnya dan integritas.

Akibat keganasan virus corona, Asisten II Sekda Jepara bidang Perekomonian dan Pembangunan ini harus menemui takdirnya Rabu tanggal 6 Januari 2021 jam 21.30 WIB di RS Dr Moewardi Surakarta. Sebelumya sejak tanggal    26 Desember 2020 almarhum dirawat di RSUD RA Kartini Jepara. Namun karena kondisinya terus memburuk pada tanggal 5 Junuari 2021, almarhum   dirujuk ke RS Dr  Moewardi Surakarta  dan kemudian meninggal dunia.

blank

Sebelumnya istri almarhum,  Ir  Farikhah Elida  juga telah diumumkan terkonfirmasi Covid-19. Namun Kepala  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara ini    telah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani  perawatan dan isolasi.

Ditengah duka yang sangat mendalam yang menyelimuti keluarga ini, dalam pengumuman warga Jepara yang terinfeksi virus corona semalam, juga terdapat   nama beberapa  anggota  keluarga mantan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Jepara ini.

“Kami mohon dukungan doa dari seluruh warga Jepara untuk kesembuhan  dan pemulihan keluarga almarhum,” ujar Sekda Jepara, Edy Sujatmiko, S.Sos, MM, MH melalui pesaan WhatsApp. Semoga amal ibadahnya diterima Allah dan keluarga diberikan kekuatan dan kesembuhan, tambah Edy Sujatmiko yang sedang bertugas di luar kota.

Disamping itu dalam pengumuman semalam juga terdapat klaster keluarga dari seorang tenaga kesehatan yang melakukan pernikahan. Namun pada   malam harinya diumumkan terkonfirmasi Covid-19.

Kasus klaster keluarga seperti ini juga pernah dialami oleh aktivis perempuan Ana Khomsanah Damiri. Tiga anggota keluarganya meninggal karena keganasan virus Corona. Sementara Ana Khomsanah Damiri bersama suami, anak dan sejumlah keluarga juga terkonfirmasi Covoid-19.

blank
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, S.Sos, saat melepas jenazah almarhum Ashar Ekanto, Asisten Pembangunan Perekonimian Setda Jepara

Dilepas Bupati

Pelepasan jenazah dilkakukan  oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi S.Sos di halaman Kantor Setda Jepara. Disamping itu  dilakukan sholat jenazah  yang  dipimpin oleh Ketua MUI Jepara, Dr KH Mashudi.

Dalam kata pelepasannya, Bupati Dian Kristiandi mengungkapkan rasa duka cita yang sangat mendalam atas kepergian almahum. “Bukan hanya keluarga yang kehilangan, seluruh keluarga besar Pemerintah Kabupaten Jepara dan bahkan masyarakat Jepara juga merasa kehilangan” ujar Dian Kristandi.

blank
Pelepasan jenazah almarhum Ashar Ekanto dengan tetap memedomani protokol kesehatan

Sedangkan warga Perumahan Bukit Asri, tempat dimana almarhum tinggal dapat melakukan shalat jenazah di Masjid Perumahan Bukit Asri, sebelah kantor Kementerian Agama Jepara.

Hadepe-ua