blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pada hari rabu tanggal 23 Desember 2020 lalu, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang terdiri dari Titin Winarti, Siti asmiatun dan Astri Novita putri dari fakultas Teknologi Informasi dan komunikasi USM.

Tim PKM melakukan kegiatan pengabdian di SD negeri pedurungan kidul 02 dengan tema Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Ujian Online.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh 10 guru SD negeri pedurungan kidul 02. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini, semua pihak mengalami kesulitan dikarenakan menghadapi pandemi covid 19.

Hal ini menyebabkan muncul berbagai kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan yang harus secara online. Salah satu nya dalam bidang mengajar, seorang guru harus dapat meng-handle kelas secara online.

Dan guru yang masih buta teknologi menganggap hal ini sebagai hambatan besar. Sehingga banyak sekali penyampaian dan evaluasi materi tidak tersampaikan.

Dengan adanya permasalahan diatas, maka dibutuhkan sosialisasi mengenai pelaksanaan pengajaran online. Pelaksanaan sosialiasasi ini tidak hanya difokuskan pada fitur google form saja, akan tetapi tim PKm juga memanfaatkan fitur Google yang lain seperti google lens, google sites, dan google ekspedisi.

Dimana fungsi dari fitur2 Google tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran online secara gratis.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, para guru dapat memperoleh pengetahuan baru tentang fitur2 google sebagai media pembelajaran online sehingga dapat menjadi solusi ditengah2 kondisi yang mengharuskan menggunakan teknologi untuk pembelajaran online karena pandemi saat ini.

Saiful Hadi-USM