blank
SIAGA - Pertashop di KM 294 siaga melayani pemudik nataru. (foto: dok ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – PT Pertamina (Persero) telah menambahkan sejumlah layanan tambahan untuk menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan memudahkan masyarakat untuk mengisi BBM khususnya bagi yang melintas di Tol Trans Jawa. Salah satu di antaranya adalah penyediaan Pertashop di beberapa Rest Area di wilayah Jawa Bagian Tengah.

Pertashop sendiri merupakan fasilitas pengisian BBM milik Pertamina seperti SPBU dalam wujud yang lebih kecil atau mini SPBU. Pejabat sementara (Pjs) Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Kevin Kurnia Gumilang mengungkapkan, sedikitnya ada 7 titik Pertashop yang tersedia sejak 19 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

“Konsumsi tertinggi terdapat di Pertashop Rest Area KM 294 B (tol Pemalang-Batang) yaitu 2,6 KL per hari. Jika dibandingkan berdasarkan produk, konsumsi tersebut mendekati angka konsumsi Pertamax di SPBU reguler Tol Trans Jawa pada masa normal yang mencapai 3 KL per hari, tepatnya di SPBU Rest Area KM 360 B,” terang Kevin.

Sebanyak 4 unit di arah Jakarta menuju Surabaya (Ruas A) KM 252, 275, 456, 519 dan 3 unit di arah Surabaya menuju Jakarta (Ruas B) KM 294, 456, 519,” kata Kevin.

Kehadiran Pertashop menurut Kevin juga menarik perhatian pemudik, khususnya yang berasal dari perkotaan karena belum pernah menemui Pertashop di tempat tinggalnya.

“Selain memecah antrian pada saat pengisian BBM di SPBU, hal tersebut juga bisa mengenalkan Pertashop kepada masyarakat perkotaan yang belum pernah menemui Pertashop karena hanya ada di pedesaan,” tambah Kevin.

Kehadiran Pertashop di Tol Trans Jawa dimanfaatkan dengan baik oleh pemudik pada masa Natal dan Tahun Baru yang lalu. Hal tersebut terlihat dari konsumsi harian dari total 7 Pertashop selama 16 hari yang mencapai sekurangnya 13 KL per hari khusus untuk produk Pertamax.

Kebutuhan BBM yang berkualitas seperti Pertamax meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru. “Masyarakat cenderung megisi bahan bakar kendaraannya dengan Pertamax untuk menempuh perjalanan jauh karena kemampuan bahan bakar yang lebih sempurna dilihat dari RON Pertamax yaitu 91,” tuturnya.

“Selain untuk performa yang lebih baik, bahan bakar yang tepat juga dapat menjaga lingkungan tetap bersih, yaitu dari kadar emisi gas yang lebih sedikit untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik,” tutup Kevin.

Nino Moebi