blank
Pengabdian masyarakat Prodi Pendidikan Matematika Unissula dengan SMA Negeri 1 Pegandong secara daring. Foto: ist

KENDAL (SUARABARU.ID) – Salah satu kewajiban dosen bekerja sama dengan mahasiswa dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sebagai suatu implementasi atas kepakaran yang dimiliki, melalui pengabdian masyarakat.

Itulah yang dilakukan Prodi Pendidikan Matematika Unissula dengan SMA Negeri 1 Pegandon, Kendal yang dilaksanakan secara daring, belum lama ini.

Pendidikan Matematika Unissula, yang diketuai M. Abdul Basir MPd bersama beberapa dosen mengangkat tema “Eksplorasi Karakteristik Grafik Fungsi Kuadrat Menggunakan Aplikasi GeoGebra pada Pembelajaran Matematika”.

Antusiasme para siswa SMA Negeri 1 Pegandon Kendal sangat terlihat, ketika mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, meskipun pelaksanaannya adalah pada masa class meeting dan dilaksanakan hanya melalui laman zoom cloud meeting.

Aplikasi GeoGebra yang bisa di akses melalui smartphone android, laptop maupun perangkat lainnya sebagai bentuk pemanfaatan IT (Teknologi Informasi) sehingga memacu semangat belajar para siswa yang tadinya cara belajarnya cenderung menghafal berbagai pola grafik fungsi kuadrat menjadi sangat tertarik untuk belajar dan menggali lebih dalam terkait Karakteristik Grafik Fungsi Kuadrat Menggunakan aplikasi GeoGebra pada pembelajaran matematika.

Melalui kegiatan ini, siswa SMA Negeri 1 Pegandon, Kendal diajak belajar matematika dengan mudah, menyenangkan, dan bermakna. Mereka juga bisa bermain seru-seruan melalui games asyik yang dikemas M. Aminudin MPd melalui laman quizizz.com sehingga memacu adrenalin para siswa untuk menjadi juara dan berkompetisi mendapatkan doorprize yang sudah disediakan tim.

**