blank
Warga melakukan gerakan penghijauan di Kalisalak, Salaman, Kabupaten Magelang. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional serta memeriahkan Milad Muhammadiyah ke – 108, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan tanam pohon.

Kegiatan tanam pohon dilaksanakan di Kendeng Hill, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.  Sejumlah 500 bibit yang terdiri  Albasia, Gayam dan Beringin ditanam di kawasan pegunungan tersebut.

“Bibit yang ditanam  merupakan bantuan dari Kantor Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IX,” kata Ketua LLHPB ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang Taryati,  Minggu (27/12).

Disebutkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah dalam rangka mendukung kegiatan tanaman konservasi, berpartisipasi dalam memperingati Hari Menanam Pohon dan Bulan Menanam Pohon Nasional tahun 2020. Serta untuk pencegahan terhadap bencana kekeringan, tanah longsor dan banjir.

Kepala Cabang  Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IX Slamet Rohadi mengajak generasi muda untuk menanan pohon sebagai upaya menjaga kelestarian alam. “Pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tanam pohon ini. Wilayah Kecamatan Salaman berdekatan dengan objek wisata Candi Borobudur, lingkungan alam Desa Kalisalak yang masih alami serta keberadaan Kendeng Hill bisa dijadikan destinasi wisata,” katanya.

Slamet Rohadi menambahkan bahwa setiap bibit yang sudah ditanam harus mampu dipelihara dengan baik. Kerja sama dari semua pihak khususnya yang terlibat dalam kegiatan tanam pohon itu dan juga masyarakat desa setempat sangat diharapkan dalam rangka memelihara kelestarian alam dalam bentuk menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam.

Sebelum tanam pohon dilaksanakan senam bersama dilanjut dengan upacara dan penyerahan bibit tanaman oleh Slamet Rohadi kepada Masykur selaku perwakilan dari Organisasi Pengurangan Risiko Bencana (OPRB) Katana Desa Kalisalak.

Eko Priyono-trs