blank
Siti Salwa Md Sawari PhD pakar internasional IIUM

SEMARANG – Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula kembali melakukan program internasionalisasi perguruan tinggi melalui kegiatan guest lecture yang diselenggarakan (17/12). Tema yang diangkat Development of Islamic Family Law Research Malaysia-Indonesia.

Tujuannya untuk memperluas wawasan dosen dan mahasiswa terkait pengembangan penelitian dengan ruang lingkup penelitian hukum keluarga lintas negara. “Harapan kami adalah agar mahasiswa dan dosen FAI menyadari akan pentingnya internasionalisasi melalui beberapa program salah satunya pengembangan riset bersama mitra luar negeri” ujar Ahmad Muflihin, Koordinator Kerjasama Fakultas Agama Islam.

Siti Salwa Md Sawari PhD salah satu pakar dalam Islamisasi dan Industri halal, dalam presentasinya menyampaikan bahwa betapa besar peluang mengembangkan riset mengenai hukum keluarga Islam di Malaysia. Baik terkait issu sistem perkawinan di Malaysia, maupun isu kekinian. “Termasuk current issue di Malaysia yang dapat menjadi tema penelitian bagi para peneliti dari Unissula ialah terkait hukum perkawinan. Semisal fenomena meningkatnya perceraian pada masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini atau pernikahan online yang dilegalkan di Malaysia.” Imbuh Siti Salwa.

Dosen dan mahasiswa yang hadir secara online antusias dengan paparan materi terkait pengembangan riset dalam bidang hukum keluarga antara Malaysia dan Indonesia. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Unissula dengan IIUM Malaysia melalui program guest lecturer.