blank
Mendagri Muhammad Tito Karnavian (kiri), menyerahkan penghargaan IGA 2020 kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang diwakili Pj Sekda Jateng Prasetyo Aribowo. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Sebuah hadiah istimewa diterima Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dari Kementerian Dalam Negeri. Dalam gelaran Innovative Government Award (IGA) 2020, Pemprov Jateng meraih penghargaan untuk kategori Provinsi Terinovatif.

blankPenghargaan ini diberikan kepada sejumlah pemerintah daerah, yang dinilai Terinovatif dan Sangat Inovatif di Indonesia. Prestasi Pemprov Jateng ini, mengulang prestasi yang sama pada acara yang dilaksanakan tahun lalu.

Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang diwakili Pj Sekretaris Daerah Jateng Prasetyo Aribowo, di malam puncak IGA yang digelar di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

BACA JUGA : Jateng Juara Umum Penghargaan Antikorupsi KPK

Dua daerah di Jateng, juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif, yakni Wonogiri dan Temanggung.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) RI, Agus Fatoni mengatakan, pemberian penghargaan ini, merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat dan daya upaya serta keberhasilan pemerintah daerah, dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

”Pada tahun ini, ajang IGA 2020 diikuti dengan tingkat partisipasi sebesar 89,3 persen atau 484 daerah. Pemerintah provinsi yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 34 daerah atau 100 persen,” kata Agus dalam keterangannya di Jakarta.

Diungkapkan juga, pemerintah daerah kabupaten yang ikut di ajang ini sebanyak 360 daerah atau 86,7 persen, dan pemerintah kota sebanyak 90 daerah atau 96,7 persen. Total pada penyelenggaraan tahun ini, ada sebanyak 17.779 Inovasi Pemda.

blank
Muhammad Tito Karnavian (kedua dari kiri), berfoto bersama para pemenang IGA 2020. Pemprov Jateng yang diwakili Pj Sekda Jateng Prasetyo Aribowo (kanan), menjadi salah satu dari lima provinsi terinovatif. Foto: dok/ist

Apresiasi Mendagri
Menurutnya, Kemendagri melalui BPP melakukan penilaian yang diawali dengan tahapan penjaringan inovasi, dan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi serta penilaian lalu pemaparan kepala daerah tentang penyelenggaraan inovasi.

Dijelaskan Agus, IGA diselenggarakan untuk menjalankan ketentuan UU No 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah dan PP No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri No 104 Tahun 2018 yang berkaitan dengan Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif inovasi Daerah.

”Dalam ketentuan itu dijelaskan, pemerintah daerah harus melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerahnya. Kemudian Pemerintah Pusat akan melakukan penilaian, dan pemberian penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukannya itu,” terangnya.

Mendagri sendiri juga sangat mengapresiasi IGA 2020 ini. Karena proses penilaiannya dilakukan secara objektif, independen dan komprehensif, dengan melibatkan tim independen yang terdiri dari para pakar, media massa dan kementerian/lembaga.

Pemerintah Daerah Penerima IGA 2020
Kategori Provinsi Terinovatif:
Jawa Tengah
– Sumatera Selatan
– Lampung
– DKI Jakarta
– Banten

Kategori Kabupaten Terinovatif:
– Situbondo
Wonogiri
– Bogor
– Banyuwangi
Temanggung
– Lampung Barat
– Musi Rawas
– Hulu Sungai Selatan
– Malang
– Sumenep

Kategori Kota Terinovatif:
– Yogyakarta
– Bontang
– Tangerang
– Palembang
– Pekanbaru
– Makassar
– Bogor
– Denpasar
– Sukabumi
– Bekasi

Daerah Tertinggal Terinovatif:
– Kabupaten Nabire
– Kabupaten Rote Ndao
– Kabupaten Pesisir Barat

Daerah Perbatasan Terinovatif:
– Kabupaten Bintan
– Kabupaten Pulau Morotai
– Kabupaten Natuna

Riyan