blank
Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono menerima silaturahmi perwakilan pengurus PWI Jateng di ruang kerjanya, Gedung Berlian, Kamis 17 Desember 2020.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah (Jateng) mengapresiasi Program Jogo Wartawan sebagai turunan dari Jogo Tonggo yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono saat menerima perwakilan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng di Gedung Berlian, Kamis 17 Desember 2020.

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, media merupakan salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Mulai dari menurunnya pendapatan iklan hingga sejumlah awak media yang teridentifikasi positif Covid-19.

“Saya prihatin mas, dengan adanya kawan-kawan wartawan yang terpapar Covid-19. Padahal mereka tetap dituntut untuk menyajikan informasi kepada masyarakat. Perlindungan pada wartawan masih minim namun mereka tetap menjalankan fungsinya secara profesional dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jateng itu berharap, para wartawan dari berbagai media terutama yang tergabung di PWI Jateng bisa selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan peliputan.

“Prokes itu penting bagi kawan-kawan wartawan, terutama yang liputan di lapangan dalam mencari berita memiliki risiko tinggi tertular Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris PWI Jateng, Setiawan Hendra Kelana menyampaikan terima kasih kepada DPRD Jateng dan semua pihak yang mendukung dan mengapresiasi Program Jogo Wartawan PWI Jateng.

“Kami juga berterima kasih karena telah menyambut hangat kedatangan perwakilan pengurus PWI Jateng. Semoga bentuk silaturahmi ini akan terus terjalin,” katanya, didampingi Wakil Sekretaris I PWI Jateng, Intan Hidayat.

Komisioner KPID Jateng itu menyampaikan, sejumlah wartawan di Jateng diketahui ada yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Tidak hanya itu, beberapa diketahui ada yang sampai meninggal dunia.

Untuk itu PWI Jateng menginisiasi dengan Program Jogo Wartawan. Dalam satu kesempatan, lanjut Iwan, panggilan akrabnya, PWI Jateng juga telah memfasilitasi rapid test kepada wartawan yang hendak mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). PWI Jateng juga telah membantu kebutuhan bagi wartawan yang harus menjalani isolasi mandiri.

“Sejumlah bantuan berupa paket sembako telah diberikan kepada wartawan dan keluarganya yang sedang menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya.

Riyan