Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Magister Psikologi Universitas Semarang (USM), menggelar kuliah umum yang bertema ‘Work Engagement & Psycap di Massa Krisis’, Sabtu (12/12/2020) secara daring, melalui aplikasi zoom.

Kegiatan yang dimoderatori Kaprogdi S2 Magister Psikologi USM Dr Mulya Virgonita IW SPsi MSi ini, dibuka Direktur Pascasarjana USM, Dr Drs Djoko Santoso MSi, dan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr Muhammad Muslim MKes.

Dalam sambutannya, Dr Djoko Santoso menyampaikan, dalam kegiatan kuliah umum ini, para peserta dapat menambah ilmu atau pengetahuan dari penyampaian materi yang disampaikan.

BACA JUGA : Psikologi USM Gelar Workshop Teknik Analisis Data dengan NVIVO dan JASP

Dalam paparannya, Dr Muhammad Muslim MKes menjelaskan mengenai pentingnya modal psikologis dan keterkaitan kerja, bagi tenaga kerjas dalam pandemi covid-19.

”Seperti diketahuhi bersama, covid-19 adalah jenis virus baru yang satu family dengan virus MERS dan SARS. Awal penyakit ini ada di Kota Wuhan, Cina, pada akhir tahun Desember 2019, dengan 59 kasus yang dilaporkan dengan gejala gangguan pernapasan,” ungkapnya.

”Corona virus ini dalam penularan nya melalui transmisi droplet/percikan sekret saluran pernafasan. Doplet/percikan bisa dalam bentuk bicara, tertawa dan batuk, bersin serta melalui kontak erat terhadap kotak yang sudah tercemar. Dampak dari covid-19 salah satunya adalah pandemi covid-19 telah menjadikan krisis kesehatan, dan berdampak pada persoalan kesehatan mental dan berbagai persoalan lainnya. Bahkan sampai persoalan ekonomi,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti 125 peserta, dari dosen dan mahasiswa di lingkungan USM maupun luar USM. Dalam kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan Magister Psikologi USM ini diharapkan, akan memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi mahasiswa maupun peserta lain, mengingat saat ini pandemi covid-19 belum selesai.

Riyan