blank
Warga Pelutan melakukan hak pilihnya di Pilkada Pemalang

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan pada hari ini Rabu (9/12/2020) partisipan warga masyarakat hanya 77 persen.

“Untuk partisipasi warga masyarak Kabupaten Pemalang, KPU sendiri menargetkan 77 persen pemilih,” kata Ketua KPU Kabupaten Pemalang, Mustaghfirin saat ditemui di kantornya Jalan A Yani Pemalang, Rabu (9/12/2020).

blank
Ketua KPU Kabupaten Pemalang, Mustaghfirin.

Berkurangnya partisipasi warga pada Pilkada saat ini karena pengaruh ditengah masa pandemi Covid-19. Mustaghfirin menyebut, jumlah pemilih Pilkada saat ini di Kabupaten Pemalang sebanyak 1.106.017 yang tersebar di 14 Kecamatan, 222 Desa/Kelurahan dan KPU menyiapkan 3.148 TPS.

“Kami KPU sejak awal tahapan ini telah mensosialisasikan dan kami berusaha semaksimal mungkin KPU menargetkan 77 persen dapat terpenuhi,” kata Mustaghfirin.

Menyinggung pemilih terkonfirmasi Covid-19, yang berada di rumah sakit Mustaghfirin mengatakan, pihaknya akan melayani mulai pukul 12.00 oleh petugas dengan prokes menggunakan APD lengkap.

“Petugas KPPS kita bekali APD lengkap. Selanjutnya petugas kami akan mendatangi rumah sakit yang buat rujukan bekerjasama degan tim medis untuk menjemput pasien,” tutur Mustaghfirin.

Pelaksanaan dan mekanisme Pilkada Pemalang, Mutaghfirin mengaku KPU sudah menyiapkan kelengkapan untuk protokol kesehatan bagi para pemilih.

“Ditiap TPS Kami siapkan seperti tempat cuci tangan dengan sabun, hand sanitizer, alat pengukur suhu, masker dan sarung tangan untuk sekali pakai bagi pemilih,” pungkas Mustaghfirin.

Bupati Pemalang, H Junaedi SH MM usai melakukan hak pilihnya di lingkungan Pendopo kepada wartawan menyampaikan, untuk pasien Covid sendiri kalau memang masih memungkinkan untuk memilih nanti petugas TPS yang ke rumah sakit.

“Sebagaimana diatur PKPU No 13, di tempat-tempat yang tentunya tidak terjangkau seperti di rumah sakit dan Lembaga Pemasyarakatan itukan hak-hak politiknya tidak boleh terabaikan. Pastinya pihak penyelenggara menyesuaikan,” tutur Junaedi.

Pilkada Kabupaten Pemalang diikuti oleh tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati masing-masing, Nomor urut 1, Paslon HM Agus Sukoco SIP M.Si – H Priyono, 2. Mukti Agung Wibowo ST M.Si – Mansur Hidayat ST. Dan Nomor urut 3, Iskandar Ali Syahbana ST – Akhmad Aguswardana.

Nino Moebi