blank

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Pernyataan Presiden RI Joko Widodo terkait urgensi percepatan reformasi birokrasi dan struktural di Indonesia mendapatkan dukungan dari kalangan dewan.

Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin mengatakan, pemikiran dan pernyataan Jokowi benar adanya. Reformasi steuktural sudah menjadi urgensi agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan efisian dan produktif.

“Hal ini perlu didukung sehingga dapat terlaksana untuk kemajuan bangsa,” kata Aziz dalam keterangan resminya, Senin (30/11/2020).

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) ini menekankan, pentingnya sistem birokrasi yang efektif dalam proses pengambilan keputusan. Efektifitas dan efisiansi instansi pemerintah perlu diselaraskan agar bisa tepat guna dalam proses pembangunan bangsa.

“Dalam persaingan global saat ini, banyak tugas dalam negeri yang perlu kita benahi. Salah satunya birokrasi yang rumit perlu dijadikan sederhana. Hal ini juga akan bermanfaat terhadap penghematan anggaran dan membantu para pembuatan kebijakan dalam menentukan langkah-langkah inovatif dengan cepat” ujar politisi Partai Golkar itu.

Azis sepakat dengan Presiden Jokowi terkait pentingnya ASN untuk menjadi motor pembangunan bangsa dengan asas-asas Pancasila.

“Jika ASN bisa efektif, maka pembangunan bangsa pun akan meningkat menuju kemajuan yang positif untuk kesejahteraan rakyat. Keberadaan ASN perlu menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa. Maka reformasi birokrasi dan struktural dibutuhkan demi menuju Indonesia Maju,” tutupnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam pidato memperingati HUT ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang ditayangkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada 29 November 2020.

 

Claudia SB