blank
Mantan pelatih Manchester United Alex Ferguson dalam foto arsip 16 April 2019 ketika menyaksikan pertandingan perempatfinal Liga Champions antara Barcelona dan United di Camp Nou, Barcelona. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Mantan manajer Manchester United Alex Ferguson menggandeng striker Setan Merah Marcus Rashford dalam memerangi kemiskinan yang dihadapi banyak anak-anak di Inggris.

Rashford diganjar penghargaan MBE atas kampanye dia belakangan ini yang membuat pemerintah berubah pikiran dengan menyediakan makan gratis untuk anak sekolah selama liburan.

Kini pemain berusia 23 tahun itu menyatakan bahwa Ferguson menjanjikan dana 2,6 juta dolar AS untuk disalurkan ke yayasan FareShare di mana Rashford menjadi dutanya.

Sebuah seruan menggalang dana muncul di harian Times dan Rashford mengungkapkan bahwa Ferguson, bersama miliarder Michael Moritz, akan menyalurkan dana sebesar itu dan menyebut kabar tersebut sebagai “luar biasa.”

Ferguson (78) tumbuh besar di Glasgow dalam kondisi sulit dan yakin Rashford sudah melakukan tugas mulia dalam mengangkat kesulitan yang dihadapi keluarga-keluarga di Inggris.

“Anda harusnya terkejut pada jumlah orang yang membutuhkan makan,” kata Ferguson dalam wawancara dengan Times seperti dikutip AFP.

“Marcus telah membuat mata semua orang di Inggris. Kiprah yang dia lakukan itu fantastis dan kami semua bangga sekali kepada dia karena hal itu.”

“Yang Marcus lakukan itu adalah dia telah membuka jalan, orang akan bilang ‘Anak itu baru berusia 23 tahun’. Orang-orang sesuai dia akan bilang ‘Saya bisa melakukan sesuatu.”

Rashford tak pernah mengalami dilatih Ferguson. Dia melakukan debutnya bersama United dalam usia 18 tahun atau tiga tahun setelah pelatih legendaris MU itu pensiun pada 2013.

Ant/Muha