blank
Salah satu peserta SunMar Kofina, dengan produk Hijab dan souvenir.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Di tengah pandemi Covid- 19 yang berdampak pada perekonomian global, sebuah komunitas pengusaha kecil dan menengah (UMKM) Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara menggelar acara bazar dengan tema “Sunday Market” (SunMar) kafe Kofina. Mayoritas para peserta bazar adalah para ibu rumah tangga.

blank
Kader Peduli Aids Desa Tahunan ikut ambil bagian dalam bazar. disertai penggalangan dana untuk penderita Aids.

Acara yang digelar pada Minggu, (29/11) rencananya akan digelar rutin setiap hari Minggu. “Mereka bergabung dalam komunitas Kelompok Wanita Usaha (KWU), dan Kita memakai konsep pasar minggu, atau semacam car free day yang rutin digelar setiap seminggu sekali”, ujar Eny Yusrini Owner Kafe Kofina sekaligus inisiator acara.

Dalam pantauan Suarabaru.id, acara Sunmar Kofina yang berlokasi di Kafe Kofina Dukuh Kauman RT 1 RW 3 Desa Tahunan ini menyajikan berbagai macam produk, utamanya produk olahan rumah tangga.

blank
Suasana di Sunmar Kofina.

Selain produk kuliner yang menjadi andalan ibu-ibu rumah tangga, produk fashion berupa hijab, kain tenun Troso, kain batik, buku, tanaman, juga menambah variasi dari isi stand-stand yang tersedia.

Sementara itu, ketika disinggung peran Pemerintah Desa Tahunan dalam kegiatan ini, panitia penyelenggara acara Sunmar Kofina mengatakan Pemdes dalam hal ini Bapak Petinggi Desa Tahunan mensuport kegiatan yang bertujuan pemulihan ekonomi di tengah pandemi yang tidak menentu kapan akan berakhir. Karena kegiatan seperti ini menurut info dari Pak Petinggi Desa Tahunan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi untuk program pemulihan ekonomi di tahun 2021, lanjut Panitia penyelenggara.

“Saya berharap, kegiatan Sunmar Kofina akan berkelanjutan dan mencakup tidak hanya komunitas namun seluruh warga masyarakat Desa Tahunan. Kami juga tetap mematuhi Protokol Kesehatan (prokes) dengan menyediakan handsanitizer, thermogun, serta mewajibkan peserta untuk memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan”, pungkas Eny ketika diwawancara di sela-sela acara.

Hadepe / ua