blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyambangi TPI Tanggulangin di Kecamatan Klirong, sekaligus membagikan masker kepada nelayan dan warga.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan blusukan ke tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, seraya membagikan masker kepada para nelayan dan warga setempat, Kamis (26/11).

Menurut Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, kegiatan  tersebut merupakan bagian Operasi Yustisia guna menertibkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.”Kegiatannya kita sapa masyarakat, kita ingatkan dan sosialisasikan pentingnya mengenakan masker serta mematuhi protokol kesehatan,”jelas AKBP Rudy Cahya.

Kunjungan Kapolres Kebumen ke TPI Tanggulangin siang itu pun mendapat sambutan positif dari masyarakat.”Iya kami senang. Bisa ketemu Pak Kapolres. Ini saya dikasih masker, kebetulan lupa nggak bawa,”ucap seorang nelayan.

Berdasarkan pengamatan, mayoritas warga sudah tertib menerapkan protokol kesehatan. Namun ada beberapa warga dengan alasan lupa sehingga tidak mengenakan masker.

Melalui kegiatan Operasi Yustisi,  jajaran Polres Kebumen selalu mengingatkan warga pentingnya mematuhi protokol kesehatan 4M (memakai  masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan). Operasi Yustisi yang digelar Polres Kebumen dan 26 Polsek sedikitnya dilakukan sehari 3 kali. Dengan demikian dari tingkat Polres sampai Polsek operasi digelar 81 kegiatan.

Polres Kebumen bersama Satpol PP dan Kodim 0709 juga kerap melakukan Operasi Yustisia di pusat kota seperti di kawasan Alun-alun Kebumen, di pasar tradisional dan di pusat keramaian.

Operasi Yustisia bertujuan menertibkan warga supaya selalu mematuhi protoko kesehatan serta memberi sosialisasi warga ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yakni dengan cara selalu memakai masker saat di luar rumah, menjauhi kerumunan serta rajin mencuci tangan memakai sabun.

Komper Wardopo