blank
Ketua Basis Komunitas Relasi KPU Grobogan, Adi Sucipto, saat menyosialisasikan tentang tata cara pencoblosan surat suara. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebelum memulai aktivitas, puluhan karyawan sebuah mall ternama di Jalan R. Suprapto Purwodadi, dikumpulkan di lantai satu.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mereka mengikuti jalannya sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan yang langsung dipaparkan oleh Basis Komunitas Relawan Demokrasi KPU Grobogan.

Dalam kegiatan tersebut, Adi Sucipto menerangkan terkait beberapa hal terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Di hadapan para karyawan mall yang mayoritas merupakan wanita ini, Adi Sucipto menjelaskan tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan KPU Grobogan menjelang Pilbup.

“Perencanaan Pilbup Grobogan sebenarnya sudah dilakukan pada tahun lalu, jauh sebelum ada pandemi corona ini. Namun, setelah dinyatakan ada pandemi, tahapan Pemilukada sempat berhenti dan baru dilanjutkan pada Juli lalu, dengan penetapan bahwa tanggal 9 Desember 2020 dilakukan Pemilukada serentak. Salah satu daerah yang ikut menyelenggarakan Pilbup yaitu Kabupaten Grobogan,” ujar pria yang akrab disapa Yanto Bakso ini.

Usai memberikan penjelasan terkait tahapan Pemilukada 2020, Adi Sucipto mengeluarkan lembar contoh spesimen surat suara. Dalam hal ini, Adi menjelaskan tata cara pencoblosan dalam Pilbup Grobogan nanti.

“Pasangan calon bupati dan wakil bupati Grobogan sudah ditetapkan yakni calon tunggal atau satu pasangan calon saja. Namun, di sini ada dua kotak. Di sisi sebelah kanan, ada kotak bergambar pasangan calon bupati dan wakil bupati Grobogan. Di sisi sebelah kiri ada kotak kosong. Dalam hal ini, coblos sesuai dengan hati nurani. Ingat, nasib daerah kita ke depan ada di tangan kita semua, maka jadilah pemilih yang cerdas,” jelas Adi.

blank
Dalam sosialisasi ini, para peserta juga menerapkan protokol kesehatan. Foto : hana eswe

Tidak Tahu

Mal ternama di Kota Purwodadi menjadi salah satu sasaran dari program yang digaungkan Basis Komunitas Relawan Demokrasi KPU Grobogan. Menurut Adi, di dalam mal ini ada banyak karyawan yang rata-rata menghabiskan waktunya bekerja di mall. Untuk pengetahuan terkait Pilbup Grobogan ini, mereka dinilai masih banyak yang tidak tahu.

“Kami mengadakan sosialisasi ini di mall. Alasannya, mereka bekerja di mall yang lingkupnya tidak banyak mengetahui hal-hal yang ada di luar. Makanya, setelah sosialisasi ini, para karyawan yang sebelumnya tidak tahu, menjadi tahu terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang,” jelasnya.

Kusmiyati, salah satu karyawan di mal tersebut mengatakan, dirinya sudah banyak mengetahui berbagai hal terkait Pilbup Grobogan 2020 melalui sosialisasi yang dilakukan Adi Sucipto dan kawan-kawan. Sebelumnya, perempuan tersebut mengaku takut dan ragu jika nanti harus datang ke TPS karena masih dalam pandemi corona.

“Tadi setelah dijelaskan, kami jadi lebih mengerti dan memahami terkait pemilukada. Bahkan, untuk TPS ternyata sudah diterapkan aturan protokol kesehatan. Ada tempat cuci tangan, hand sanitizer. Kemudian, kami juga diminta pakai masker dari rumah menuju ke TPS. Di TPS nanti, kita mendapatkan sarung tangan untuk dipergunakan saat mencoblos. Jadi, benar-benar aman karena sudah sesuai dengan standar protokol kesehatan,” ujar Kusmiyati.

Hana Eswe-trs