blank
PB PODSI Panggil Tiga Atlet Dayung Aceh untuk Ikuti Seleknas

BANDA ACEH (SUARABARU.ID) – Tiga atlet dayung Aceh dipanggil Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) untuk mengikuti seleksi nasional (seleknas) guna masuk pemusatan latihan nasional Tim Dayung Indonesia menghadapi SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam 2021.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov PODSI) Aceh Drs Teuku Sulaiman Badai kepada pos-aceh.com, grup siberindo.co, menyebutkan, ketiga pendayung Aceh tersebut terdiri dua putra yaitu Aulia Rahman, kelahiran Banda Aceh, 15 Juni 2004, Rinal Firnanda, kelahiran Lageun, Aceh Jaya, 2 Juni 2000, dan seorang atlet putri, Wahyuni, kelahiran Aceh Besar, 12 Oktober 1995.

Sulaiman Badai menyebutkan, tiga pendayung Aceh tersebut siap untuk mengikuti Seleknas yang dilaksanakan di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, 1 – 14 Desember 2020. “Mereka siap, karena selama ini telah menjalani pemusatan latihan daerah (pelatda) secara intensif yang dibiayai KONI Aceh untuk menghadapi PON XX/2021 di Papua,” ujarnya seusai menerima surat pemanggilan seleknas ketiga atlet Aceh itu dari PB PODSI, Rabu (25/11/2020) malam.

“Kita bersyukur, pendayung Aceh dipangil ikut Seleknas dan kita harapkan mereka bisa berhasil masuk pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk membela Tim Dayung Indonesia di SEA Games, Vietnam 2021,” katanya.

Sulaiman menyampaikan terima kasih kepada KONI Aceh yang telah memberikan perhatian pembinaan terhadap atlet dayung. Begitu juga pelatih yang membina dan membimbing atlet. “Terima kasih kepada atlet yang begitu semangat dan serius berlatih selama ini. Kita harapkan terus semangat, serius dan fokus berlatih, sehingga bisa meraih prestasi terbaik,” ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk seleknas, PB PODSI memanggil 50 atlet putra, 31 atlet putri nomor Kayak dan Canoe dari berbagai provinsi. Dengan rincian Kayak 32 putra, 24 putri. Canoe 18 putra putra dan 7 putri.

Dua pendayung putra Aceh, Aulia Rahman dan Rinal Firnada akan bersaing di nomor Kayak yang bakal diikuti 32 peserta. Pendayung putri Aceh, Wahyuni juga berlomba di Kayak yang akan diikuti 24 atlet.

Sesuai surat PB, katanya, pemanggilan atlet ke seleknas berdasar catatan prestasi mendayung jarak 200 meter, hasil tes 4 RM, tes balke dan track record prestasi atlet sebelumnya serta mempertimbangkan kebutuhan atlet pada SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam, 2021, yang memperlombakan 19 nomor perorangan dan beregu.

Seleksi nomor Canoe dan Kayak putri akan dilaksanakan 1 – 7 Desember 2020. Kategori putra Kayak dan Canoe akan digelar 8 – 14 Desember 2020. Materi seleksi, tes kemampuan mendayung jarak 1000, 2000, 500, 200 meter kayak dan canoe single boat.

Disebutkan, PB PODSI menanggung biaya transportasi ekonomi pesawat udara, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti seleksi nasional.

 

Claudia SB