blank
Ketua PGRI Kabupaten Kebumen Agus Sunaryo menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI di halaman Gedung PGRI JL Kaswani, Rabu 25/11.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ketua DPD PGRI Kabupaten Kebumen Drs H Agus Sunaryo MPd menyatakan, berbagai kegiatan digelar menyambut Hari Guru Nasional (HGN) 2020 dan HUT PGRI ke-75 pada Rabu 25 November 2020 dengan penerapan protok kesehatan (prokes).

“Namun apa pun situasi dan kondisinya saya berpesan kepada para pendidik, guru tidak boleh menyerah dan kalah dengan Covid-19. Guru tetap harus memberikan pelayanan terbaik untuk mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas,”ujar Agus Sunaryo kepada  Suarabaru.id, Kamis 26/11).

Menurut Ketua PGRI Kabupaten Kebumen itu, kegiatan- peringatan HUT PGRI berupaya menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang sedang Pandemi Covid-19 sehingga dilakukan dengan pembatasan-pembatasan sesuai prokes.

Bahkan rangkaian kegiatan banyak yang dilaksanakan secara daring, sedangkan yang harus ada pertemuan fisik dilakukan pembatasan jumlah personil yang terlibat.

Pria yang pernah menjabat Kepala SMAN Ayah, Kepala SMAN Pejagoan dan Kepala SMAN1 Kebumen itu menegaskan, PGRI sebagai wadah perjuangan guru, pendidik dan tenaga kependidikan memperjuangkan kedaulatan NKRI, berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan serta berkhidmad memajukan pendidikan nasional.

Dia jelaskan, tema Peringatan HUT PGRI Ke-75 dan HGN 2020 “Dari PGRI untuk Indonesia, Kreativitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju.” Pihaknya berharap para guru sebagai manusia pengubah karakter dapat memancarkan fajar penerang dalam kondisi dan situasi apa pun berperan mengembangkan budi pekerti sehingga mendorong siswa mengembangkan potensinya.

Adapun rangkaian Peringati HUT PGRI Ke-75 dan Hari Guru Nasional 2020,PGRI Kabupaten Kebumen disi denganbeberapa kegiatan. Diantaranya lomba olah raga bulutangkis dan tenis meja antar PGRI Cabang/kecamatan, lomba kesenian Mocopat dan menyanyi tunggal, lomba ceramah keagamaan, lomba kreativitas video pembelajaran, lomba best practice.

Selain itu dimeriahkan Pameran Seni Rupa Sketsa secara virtual dan webinar Sarasehan Budaya. Kemudianmengadakan bakti sosial pemberian bantuan korban bencana alam di Kebumen secara langsung dan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Pendudak dan Keluarga Berencana Kebumen.

Selanjutnya ada sarasehan pembekalan menghadapi gelombang besar pensiun guru dengan tema Strategi dan Peluang Berbisnis bagi Anggota PGRI Pasca Purna Tugas.

Sedangkan Upacara Peringatan HUT PGRI Ke-75 dan Hari Guru Nasional tahun 2020 dilaksanakan di Halaman Gedung  PGRI Jalan Kaswari dengan Irup Ketua PGRI Kabupaten Kebumen . Upacara dihadiri antara lain Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Moh Amirudin, Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut SPd MM, Rektor IANU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI dan para tokoh guru, dilanjutkan Resepsi HUT PGRI.

Agus Sunaryo yang saat ini menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen itu mengingatkan, peran guru dalam mengajar dan melatih sangat mungkin dapat digantikan teknologi. Namun peran dalam mendidik murid-muridnya tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun.

Terkait dengan hal tersebut, pemenuhan kebutuhan guru dari darurat kekurangan guru PNS saat ini hendaknya menjadi prioritas program Pemerintah. Hal itu perlu agar Sumber Daya Manusia masa depan di Indonesia mendapatkan pelayanan terbaik dalam proses pendidikannya.

Komper Wardopo-mul