Cabup Wonosobo Afif Nurhidayat ketika berkeliling di Pasar Klithikan Sumberan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Rabu (25/11), mengunjungi Pasar Klithikan Sumberan Wonosobo.

Pasar Klithikan Sumberan dikenal sebagai pasar lawas atau pasar tempoe doeloe yang menjajagan aneka barang-barang kuno.

Di pasar kuno tersebut juga ada pedagang sayuran dan di sebelahnya ada pasar ikan. Tiap hari penyuka barang-barang antik kerap datang ke pasar kuno tersebut.

Afif mengaku dulu sering bertandang ke Pasar Sumberan guna membeli ayam piaraan. Sebab dirinya merupakan penghobi ayam Jawa yang bertubuh jangkung dan berbulu indah.

“Tapi sejak Pasar Ayam pindah ke Sapen, saya jadi jarang ke Pasar Sumberan. Pasar ini kini sudah kian menarik jadi Pasar Klithikan yang menjual barang-barang antik,” sebutnya.

Lakukan Dialog

Sejumlah pedagang Pasar Klithikan Sumberan foto bersama Cabup Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

Ketua DPC PDI Perjuangan itu, sempat berkeliling ke beberapa kios untuk melihat barang-barang kuno yang dijual di pasar tersebut dan ngobrol santai bersama pedagang.

“Pasar ini cukup unik dan menarik. Karena yang dijual merupakan barang-barang kuno dan langka. Saya sangat mendukung keberadaan pasar ini,” ujar mantan Ketua DPRD Wonosobo itu.

Menurut Afif, pasar akan banyak dikunjungi pembeli jika kondisi di sekelilingnya bersih dan nyaman. Pasar Klithikan sudah punya kekhasan tersendiri karena menjual barang kuno, antik, langka dan punya nilai seni.

Usai berdialog, sejumlah pedagang Pasar Klithikan melakukan deklarasi mendukung pasangan capon (paslon) Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar, pada Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

“Pedagang berharap Pemkab Wonosobo ke depan bisa membenahi Pasar Klitihikan Sumberan karena sangat mendukung dunia parwisata. Afif-Albar, bersatu, berjuang, menang,” pekik mereka.

Muharno Zarka-Wahyu