Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan kunci mobil X-Pander kepada peraih undian Tabungan Bima Bank Jateng. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Rabu (25/11), di Kantor Bank Jateng Cabang Wonosobo menyerahkan hadiah undian Tabungan Bima berupa 1 unit mobil Mitsubishi X-Pander.

Peraih undian hadiah tersebut adalah seorang perempuan yang berprofesi sebagai bidan, atas nama Yuni Sasviranti yang beralamat di Desa Kalierang Kecamatan Selomerto Wonosobo.

Pada pengundian periode I tahun 2020 ini Eko Purnomo yang didampingi Pimpinan Bank Jateng Cabang Wonosobo Dwi Andy Setiawan juga menyerahkan hadiah lain berupa 5 unit Yamaha N-Max dan 5 Emas batangan 10 gram.

Penerima hadiah Tabungan Bima berasal dari Bank Jateng Capem Kertek, Capem Selomerto dan Capem Kaliwiro berupa 1 unit Yamaha N-Max dan 1 emas batangan 10 gram dapat mengambil di Kantor Bank Jateng Capem tersebut.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo berharap Bank Jateng yang sahamnya milik Pemerintah Daerah diharapkan dapat mendukung semua pihak segera terlepas dari pandemi Covid-19 melalui pelayanan terbaiknya untuk seluruh lapisan masyarakat.

“Pemberian kredit bunga murah kepada pelaku usaha, ASN, karyawan swasta dan pensiunan, keamanan simpanan nasabah dan selalu ditingkatkan transaksi yang mudah dan berbasis teknologi, harus terus dilakukan,” ajaknya.

Pemberian hadiah ini dilakukan secara rutin satu tahun dua kali di seluruh kantor Cabang Bank Jateng. Bahkan sebagai grand prize setiap kali pengundian diberikan hadiah utama 1 Unit Mitsubishi Pajero.

Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonosobo, Dwi Andy Setiawan, menyampaikan Bank Jateng senantiasa akan semaksimal mungkin berperan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sinergitas dengan program pemerintah daerah setempat.

“Pada tahun 2020 Bank Jateng juga telah menyetorkan deviden kepada Pemkab Wonosobo sebesar Rp 9,3 miliar atas laba usaha tahun 2019 dengan harapan tahun depan dapat lebih berkontribusi lagi,” paparnya.

Layanan Mobile

Para peraih hadiah undian Tabungan Bima Bank Jateng Cabang Wonosobo foto bersama. Foto : SB/Muharno Zarka

Dalam melakukan layanan saat pandemi Covid-19 ini, sambungnya, Bank Jateng selalu menerapkan protokol kesehatan dan berperan memberikan bantuan sarana pencegahan penularan Covid-1 kepada instansi pemerintah, lembaga swasta dan organisasi lainnya

“Di era wabah virus Corona ini, Bank Jateng menyarankan agar nasabah dapat memanfaatkan layanan teknologi yang sudah dimiliki oleh Bank Jateng. Nasabah bisa melalukan transaksi secara elektronik,” terang Andy.

Menurutnya, pembayaran bisa melalui debet rekening atau ATM untuk BPJS, Listrik, PDAM Pajak Kendaraan, PBB, setoran DPLK dan beberapa belanja pembelian,” bebernya.

Saat ini, dikatakan Andy, di wilayah Wonosobo telah terdapat 20 mesin ATM tarik tunai dan dalam proses penambahan 5 mesin lagi serta 1 mesin setor tunai di Kantor Bank Jateng Cabang Wonosobo.

“Layanan berbasis teknologi lain yang bisa digunakan adalah SMS notifikasi, Internet Banking dan akhir bulan ini akan dilounching mobile banking,” sebutnya.

Sarana tersebut, menurut Andy, dapat digunakan oleh masyarakat umum, ASN penerima gaji/sertifikasi dan pensiunan dengan menggunakan Smart Card Taspen.

“Dengan layanan berbasis teknologi tersebut, diharapkan akan dapat memperkecil transaksi langsung yang pada akhirnya dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19,” ungkap dia.

Atas dukungan masyarakat, Pemkab, instansi vertikal dan semua komponen yang ada di Wonosobo, operasional Bank Jateng sampai bulan Oktober 2020 meski dalam pandemi Covid-19 tetap mengalami pertumbuhan positif.

“Total dana masyarakat per 30 Oktober 2020 adalah sebesar Rp 1,1 triliun, kredit Rp 935 miliar dan laba Rp 44,3 miliar. Dana sebesar itu, tentu tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat dan Pemkab Wonosobo pada Bank Jateng,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu