SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penerapan machine learning di berbagai bidang kehidupan melahirkan tantangan tersendiri bagi dunia Pendidikan, perguruan tinggi berkejaran dengan waktu untuk mencetak sebanyak mungkin sarjana dengan kualifikasi di bidang machine learning demi memenuhi kebutuhan industri.

Machine learning diyakini dapat membantu manusia untuk belajar dengan lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan yang diinginkannya.

Workshop ini dilaksanakan pada Jumat-Sabtu tanggal 20-21 November 2020. Bertempat di Gedung M Ruang M.2.1, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang.

Acara dilaksanakan secara offline karena peserta lebih mudah memahami materi jika dibimbing secara langsung. Workshop ini dihadiri oleh semua dosen Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang.

Narasumber workshop ini terdiri dari dua narasumber yaitu yang pertama dari dosen UKSW Hindriyanto Dwi Purnomo, Ph.D. yang telah memiliki lisensi Data Sciene dan yang kedua Aria Hendrawan, S.T., M.Kom dari dosen TI USM.

Dengan workshop ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para dosen. Menurut ketua panitia, Febrian Wahyu Christanto, S.Kom., M.Cs mejelaskan, workshop ini untuk membantu para tenaga pengajar dalam mencetak mahasiswa yang memiliki skill dalam bidang machine learning, maka perguruan tinggu harus meng-upgrade kemampuan para dosennya untuk dapat mendalami ilmu terutama dalam bidang machine learning.

“Maka dari itu, pengadaan kegiatan pembelajaran untuk meng-upgrade skill sangat penting,” jelasnya.

Febrian menambahkan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dalam membangun suatu mesin atau algoritma yang dapat belajar sendiri seperti kerja otak manusia seperti meramalkan, mengamati, menghitung, menghitung, dan sebagainya.

Kemampuan ini didapat tentu saja didapatkan dari data yang berjumlah sangat besar (big data) sehingga dosen dan mahasiswa dibekali dengan ilmu terbaru agar siap menghadapi era revolusi industri.

Saiful Hadi- USM