blank
Sambut Hari Ikan Nasional, Dinas Perikanan Berneu Gelar Lomba Memasak

TANJUNG REDEB(SUARABARU.ID) – Bertepatan dengan peringatan Hari Ikan Nasional ke-7 tahun 2020, Dinas Perikanan Kabupaten Berau menggelar berbagai lomba. Beberapa perlombaan yang dilaksanakan yaitu memasak fish burger dan siomay, penyuluhan tingkat SMA/sederajat, penyuluhan TP-PKK Kabupaten Berau, dan desain kostum gemar ikan. Lomba ini ditargetkan menjadi kampanye gemar ikan kepada masyarakat.

Hasil dari lomba tersebut, hadiahnya diserahkan Pjs Bupati Berau, M Ramadhan, Senin (23/11/2020). di ruang Rapat Sangalaki Kantor Bupati Berau.

Pjs Bupati Berau M Ramadhan mengatakan, potensi perikanan di Berau sangat besar. Sehingga harus dimaksimalkan dalam mendukung program gemar makan ikan. Negara lain yang konsumsi ikannya tinggi, menghasilkan SDM unggul.

“Sebagai daerah pesisir kita harus memaksimalkan makan ikan ini. Targetnya tentu generasi yang cerdas dan antisipasi stunting,” katanya.

Ia juga menyampaikan selamat kepada pemenang. Harapannya menjadi motivasi untuk mengenalkan gemar makan ikan. “Kita juga harus bersama-sama menjaga potensi yang sangat besar ini. Sehingga bisa dinikmati generasi selanjutnya,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan Berau Tentram Rahayu menyampaikan, gerakan makan ikan ini merupakan gerakan nasional yang telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Peringatan Hari Ikan Nasional ini diharapkan mendorong peningkatan konsumsi ikan yang dampaknya peningkatan produksi dan budidaya perikanan.

“Dengan gemar makan ikan diharapkan menghasilkan sumber daya manusia unggul. Kandungan gizi sangat tinggi dari ikan ini menjadikan masyarakat semakin cerdas, sehat dan kuat,” ujarnya.

Sasaran perlombaan sebagian besar para pelajar, diharapkan bisa memberikan informasi dan pemahaman atas kandungan gizi yang ada dalam ikan. Sehingga kecintaan terhadap produk perikanan ini semakin digemari.

“Anak milenial saat ini kebanyakan memilih makanan cepat saji. Jadi kita kenalkan produk perikanan yang dikemas seperti makanan saat ini. Jadi kandungan gizinya lebih terjamin dan menghasilkan generasi yang cerdas,” tegasnya.

Claudia SB