blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang ditujukan kepada kelompok Tani Rowotengah, Rowosari, Semarang menghadirkan Narasumber 4 orang dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Semarang (FTP USM).

Dr. Ridwan Basalamah, SE, MM, dosen yang berkeahlian bidang Edan Marketing. Tim Dosen FTP USM diketuai oleh Zulhaq Dahri Siqhny S.T., M.T. dengan anggota Dr. Ir. Haslina M.Si, Ir. Dewi Larasati M.Si dan Ir. Ery Pratiwi M.P. Kegiatan ini dihadiri oleh 7 orang anggota kelompok tani Rowotengah yang diketuai oleh Abdul Aziz.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 11 November 2020 ini bertema “Sosialisasi dan Pelatihan Mengenai Penganan Pascapanen dan Pemanfaatan Limbah Jagung yang Berupa Rambut Jagung”.

“Proses pascapanen jagung terdiri atas serangkaian kegiatan yang dimulai dari panen/pemetikan dan pengeringan tongkol, pemipilan tongkol, pengemasan biji, dan penyimpanan sebelum dijual ke pedagang pengumpul. Namun, apabila produk jagung segar ini langsung dijual, maka pendapatan kelompok tani akan cenderung tetap” Ungkap Ir. Dewi Larasati M.Si

Ir. Ery Pratiwi, M.P. memberikan alternatif pengolahan jagung menjadi bentuk tepung lebih dianjurkan dibanding produk setengah jadi lainnya.

“Hal ini dikarenakan tepung lebih tahan disimpan, mudah dicampur, dapat diperkaya dengan zat gizi (fortifikasi), dan lebih praktis serta mudah digunakan untuk proses pengolahan lanjutan.” Ungkap Ir. Ery Pratiwi, M.P.

Selain mengolah jagung menjadi bentuk tepung, peningkatan pendapatan kelompok tani dapat diperoleh dari pemanfaatan limbah rambut jagung” ungkap Zulhaq Dahri Siqhny S.T., M.T.

Selama ini pemanfaatan rambut jagung masih terbatas. Padahal, rambut jagung dapat digunakan sebagai obat herbal yang memiliki berbagai jenis khasiat seperti menurunkan gula darah, mencegah gagal ginjal, peluruh air seni dan penurun tekanan darah.

Kandungan kimia pada rambut jagung antara lain protein, karbohidrat, serat beberapa vitamin seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, minyak atsiri, dan garam-garam mineral. Rambut jagung juga mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Mengingat rambut jagung memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan, maka Dr. Ir. Haslina M.Si, melakukan pelatihan pembuatan jelly drink rambut jagung. Produksi jelly drink rambut jagung bertujuan untuk diversifikasi olahan minuman herbal.

Cara pembuatan jelly drink rambut jagung adalah dengan mencuci rambut jagung (± 200gr) yang telah didapat, kemudian merebus dengan air panas (1000 ml) dan masukan rambut jagung yang telah dicuci kemudian aduk-aduk hingga air berubah menjadi kecoklatan kemudian disaring.

Setelah proses penyaringan dan pemisahan antara air rambut jagung dengan rambut jagung maka tinggal ditambahkan larutan agar-agar instan (plain) yang banyak tersedia dipasaran dan panaskan Kembali sambal diaduk, kemudian biarkan beberapa saat hingga dingin dan siap siap disajikan.

“Harapanya, anggota kelompok tani dapat menerapkan mengenai teori pascapanen baik dan benar serta dapat mengaplikasikan pelatihan mengenai pengolahan limbah rambut jagung sehingga dapat meningkatkan pendapatan kelompok tani” Ujar Zulhaq Dahri Siqhny S.T., M.T. sebagai ketua tim pengabdian.

Saiful Hadi-USM