blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Robot “Injoh_Bot” Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara II pada Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Nasional tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dari 16 – 24 November 2020.

Tim yang terdiri dari Khairul Fajri, Agus Prianto, Arga Rizky Kurniawan, Bima Septian Dwi Aldianto dengan pembimbing Sapto Budi Priyatno ST telah menyisihkan 38 peserta terbaik dari wilayah I dan II.

Wakil Rektor III USM Dr Supari MT memberikan apresiasi kepada tim robot dari Teknik elektro USM yang telah mengharumkan almamater di kancah nasional.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang telah ditorehkan tim robot USM sehingga berhasil meraih juara dua pada kategori KRPAI dan juara 6 pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia ( KRSBI)” ungkap Supari.

“Semoga dengan prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa lain untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, USM akan selalu mensupport kegiatan mahasiswa dalam upaya membangun budaya kompetisi dan meningkatkan kualitas mahasiswa” tambahnya.

blankMenurut Sapto, tim telah berusaha sejak dari 2010 hingga sekarang dengan riset yang berkelanjutan dengan mnegikuti kontes robot secara rutin dan pada akhirnya membuahkan hasil.

“Tim Injoh_Bot telah melalui seleksi awal tingkat wilayah satu, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI, serta seluruh pulau Sumatera dengan meraih juara satu yang dilaksanakan pada 7 – 11 Oktober 2020” ungkap Sapto

“Pada pertandingan tingkat nasional, peserta diwajibkan melalui 2 sesi, pada sesi pertama robot menyemprot disinfektan tanpa ada halangan. Tim Injoh_Bot dapat menyelesaikan dengan nilai 38 detik, sementara pada sesi kedua, robot dapat menyelesaikan menyemprot tiap ruangan dengan waktu 50 detik dengan bonus 0.36.” tambahnya.

Pada sesi ketiga robot Injoh_Bot dapat menyelesaikan dengan waktu 52 detik dengan bonus 0.36 sehingga total keseluruhan untuk semua sesi 74.72 detik, sedangkan Tim Robot PENS Surabaya berhasil meraih juara I dengan score waktu 57.28 detik.

Harapan selanjutnya Tim Injoh_Bot dapat mengembangkan riset untuk kompetisi selanjutnya dan melakukan regenerasi tim selanjutnya, ujar Sapto.

Saiful Hadi – USM