blank
Akibat hujan deras tebing di belakang rumah milik warga Madusari Madureto Kalikajar Wonosobo, longsor. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonosobo sejak siang kemarin, menyebabkan tebing setinggi 6 meter, longsor menimpa rumah milik Kuat Diyanto, warga Madusari RT 03 RW 06 Desa Maduretno Kalikajar Wonosobo.

Akibatnya, pagar tembok rumah bagian belakang jebol karena diterjang material longsoran. Longsor terjadi diduga tebing tidak kuat menahan air hujan yang turun dari siang hingga malam hari yang tak kunjung reda.

Pemilik rumah, Kuat Diyanto, Senin (23/11), menceritakan saat itu, Minggu (22/11), sekitar pukul 16.30 WIB dirinya bersama keluarga tengah duduk santai di ruang tengah sembari menonton acara televisi.

“Kala itu, hujan turun cukup deras sehingga seluruh anggota keluarganya berada di rumah. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh di belakang rumah. Pagar rumah bagian belakang pun sudah tampak jebol,” kisah dia.

Menurutnya, letak tebing dengan pagar rumah berjarak hanya sekitar 1 meter. Karena itu, saat tebing longsor, material tanah yang bercampur air itu pun, langsung menimbun sebagian rumahnya yang berpagar tembok permanen itu.

Kerja Bakti

blank
Personil TNI Koramil 07/Kalikajar Wonosobo ikut menyingkirkan tanah longsor yang menimpa rumah warga. Foto : SB/Muharno Zarka

Danramil 07/Kalikajar Kodim 0707/Wonosobo Kapten Inf Panut, begitu mendapat laporan langsung memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan karja bakti menyingkirkan tanah longsor yang menimpa rumah korban. Kerja bakti dilakukan sejak sore hingga pagi tadi.

“Saya menekankan kepada anggota TNI bersama warga setempat untuk membantu korban yang sedang terkena musibah tanah longsor. Sudah menjadi tugas pokok TNI untuk membantu setiap bencana alam yang terjadi,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugas, sambung dia, harus didasari dengan rasa tanggung jawab dan penuh keikhlasan sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan cepat. Anggota TNI bersama elemen yang lain wajib membantu warga yang tertimpa musibah bencana alam.

Melalui kerja bakti ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat terjalin semakin baik. Kepedulian Babinsa dengan warga di wilayah binaan harus terus ditunjukkan.

“Seperti halnya sekarang ini anggota Koramil 07/Kalikajar, bahu-membahu bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti bersihkan material longsor yang menimpa rumah warga setempat,” tegasnya.

Muharno Zarka-Wahyu