Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho (kanan) melakukan selebrasi bersama gelandang Pierre-Emile Hojbjerg seusai mengalahkan Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Sabtu (21/11/2020) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Tottenham Hotspur sementara menduduki posisi puncak klasemen Liga Inggris selepas memenangi laga pekan kesembilan mereka pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Menjamu Manchester City di London, gol-gol Son Heung-min dan Giovani Lo Celso memastikan kemenangan Tottenham 2-0 atas tamunya.

Tim besutan Jose Mourinho itu mengambil alih kursi puncak klasemen dengan koleksi 20 poin, menggusur Chelsea (18) yang beberapa jam sebelumnya menduduki posisi tersebut.

Chelsea meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Newcastle United dalam laga yang berlangsung lebih awal di St. James Park.

Sementara itu, satu tim lain yang sebelumnya sempat berpeluang menduduki puncak klasemen, Aston Villa, harus rela tak beranjak dari peringkat keenam setelah dipecundangi oleh Brighton & Hove Albion dengan skor 1-2, kekalahan perdana mereka atas The Baggies di Villa Park sepanjang masa.

Posisi kedua tim tak berubah dari hasil itu, Villa tetap keenam dengan 15 poin dan Brighton (9) di urutan ke-16.

Dalam laga pemungkas rangkaian jadwal Sabtu waktu setempat, Manchester United akhirnya merasakan kemenangan kandang perdana mereka di liga musim ini dibantu eksekusi penalti Bruno Fernandes untuk menundukkan West Bromwich Albion 1-0 di Old Trafford.

Seperti gaya tendangan penaltinya, Bruno membawa MU melompat ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 13 poin.

Jadwal Minggu

Posisi Tottenham di puncak klasemen belum sepenuhnya aman, sebab Leicester City akan melawat ke markas juara bertahan Liverpool dalam laga yang sepak mulanya berlangsung pada Minggu malam waktu setempat (Senin dini hari WIB).

Jika Leicester menang, Tottenham akan kembali ke peringkat kedua. Tetapi jika Liverpool yang menang, Tottenham masih punya keunggulan selisih gol yang lumayan jauh dibanding The Reds.

Sebelum penentuan nasib Tottenham itu, Fulham akan menjamu Everton di Craven Cottage. Everton yang sempat mengejutkan di awal musim bakal berusaha mencari lagi faktor kejut itu setelah nirmenang dalam empat laga terakhir yang tiga di antaranya berbuah kekalahan.

Lantas tim juru kunci Sheffield United masih memburu kemenangan perdananya musim ini saat menjamu West Ham United di Bramall Lane.

Sedangkan Leeds United dan Arsenal yang bertemu di Elland Road sama-sama berusaha menemukan jalan kembali ke jalur kemenangan setelah di pertandingan terakhir jelang jeda internasional sama-sama menelan kekalahan.

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan kesembilan (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (21/11) malam s.d. Minggu (22/11) dini hari
Newcastle United 0 – Chelsea 2 (Federico Fernandez bd-10′, Tammy Abraham 65′)
Aston Villa 1 – Brighton & Hove Albion 2 (Ezri Konsa 47′; Danny Welbeck 12′, Solomon March 56′)
Tottenham Hotspur 2 – Manchester City 0 (Son Heung-min 5′, Giovani Lo Celso 65′)
Manchester United 1 – West Bromwich Albion 0 (Bruno Fernandes p-56′)

Minggu (22/11) malam s.d. Senin (23/11) dini hari
19.00 Fulham vs Everton
21.00 Sheffield United vs West Ham United
23.30 Leeds United vs Arsenal
02.15 Liverpool vs Leicester City

Selasa (24/11) dini hari
00.30 Burnley vs Crystal Palace
03.00 Wolverhampton vs Southampton

Ant/Muha