blank
Pemdes Ngargoretno, Salaman, Magelang (kanan)  memberi cenderamata kepada tamu dari Kalimantan Selatan. Foto: Eko Priyono
MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Kalimantan Selatan melakukan studi pengelolaan wisata ke Desa Ngargoretno, Salaman, Kabupaten Magelang, Kamis 19 November 2020.
Rombongan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalsel itu didampingi oleh petugas dari Dispermades Kabupaten Magelang Norma dan pejabat Dispermades Provinsi Jawa Tengah.
Rombongan tiba di Wisata Desa Ngargoretno disambut hangat oleh para pengelola wisata di Pegunungan Menoreh itu. Mereka dipimpin langsung oleh Kepala Desa Ngargoretno Dodik Suseno SIP.
Dalam sambutannya kades memaparkan sejarah awal mulanya wisata desa itu. Dikatakan, wisata di desanya benar-benar wisata yang berangkat dari masyarakat dengan menampilkan seluruh potensi yang ada dan dimiliki oleh desa itu.
Dodik Suseno juga mengatakan, Ngargoretno mempunyai sumber daya alam berupa marmer merah yang merupakan marmer langka yang berada di tengah-tengah kampung. Pemdes bersama masyarakat melestarikan dengan membuat paket-paket edukasi, dari sisi pengetahuan kegeologian maupun melalui sisi keunikan dari bebatuan itu sendiri.
Selain edukasi, kawasan batu marmer Wisata Desa Ngargoretno juga mengeksplore seluruh potensi masyarakat yang terdiri dari enam dusun.
Kunjungan ditempatkan di Kedai Susu Etawa Kang Im Dusun Selorejo dan seusai melakukan diskusi, ada presentasi dari para pelaku wisata Ngargoretno. Tamu juga diajak berkeliling destinasi wisata sampai kebun teh di puncak Menoreh yang merupakan  perbatasan dengan wilahah DIY. Itu dikelola secara bersama para pelaku wisata di wilayah Gelangprojo (Magelang, Kulonprogo dan Purworejo).
Salah satu pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  Kalsel, Agus Fariady mengatakan bahwa ilmu dan pengalaman yang sudah disampaikan oleh kepala desa Ngargoretno akan segera diaplikasikan di desa-desa yang ada di Kalimantan Selatan dan ke depan akan membawa rombongan masyarakat desa di Kalimantan Selatan dengan jumlah yang lebih besar.
Pihaknya juga merasa sangat senang dengan keramah tamahan dan  penerimaan tamu oleh para pelaku di wisata Desa Ngargoretno, Selain merasa senang rombongan pejabat dari Kalsel juga memberikan sebuah tropi kenang-kenangan untuk Desa Ngargoretno agar selalu diingat dan bisa menjadi perekat komunikasi meskipun beda pulau dan provinsinya.
Eko Priyono