blank
Jenazah seorang perempuan berinisial Ny P (53), dikuburkan secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona, oleh Tim Covid Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU) – Pemakaman jenazah secara protokol kesehatan (Prokes), Jumat siang (20/11), dilakukan lagi oleh Tim Covid Kabupaten Wonogiri. Ini menjadi pemakaman secara Prokes pencegahan wabah virus corona yang ke 43 kalinya, dalam tempo 69 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, mengatakan, yang dimakamkan Jumat siang (20/11), adalah jenazah seorang perempuan berinisial Ny P (53). Warga Dusun Ngasinan Wetan, Desa Sonoharjo, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri ini, sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Mulia Hati di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyatakan, pemulasaran jenazah Ny P, dilakukan di RS Mulia Hati.

blank
Jenazah Ny P diusung oleh Tim Covid Kabupaten Wonogiri, untuk dimakamkan secara protokol kesehatan pencegahan pandemi corona, di TPU Desa Sonoharjo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Prosesi Penguburan
Kemudian prosesi penguburannya dilakukan oleh Tim Pemakaman Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Wonogiri. Yang personelnya terdiri atas aparat dari BPBD Kabupaten Wonogiri, anggota Polres Wonogiri dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, serta dibantu tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Wonogiri.

Ikut hadir menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompincam Wonogiri  Kota, personel Puskesmas Wonogiri, aparat Pemerintah Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kota, dan perwakilan keluarga almarhumah.

Sampai dengan Jumat (20/11), total pemakaman secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri tercatat sebanyak 61 jenazah. Perinciannya, pada Bulan Agustus 2020 dimakamkan sebanyak 8 jenazah.

blank
Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang menguburkan jenazah secara protokol kesehatan, terdiri atas personel BPBD, anggota Polres, relawan PMI Kabupaten Wonogiri, dibantu tenaga kesehatan dari Puskesmas Wonogiri.

Selanjutnya pada Bulan September 2020 memakamkan sebanyak 15 jenazah, Oktober (19 jenazah) dan Bulan Nopember 2020 sampai dengan Jumat (20/11) sebanyak 16 jenazah. Sebelumnya, pada Bulan April, Juni dan Juli 2020, memakamkan masing-masing satu jenazah.

Alami Peningkatan
Sementara itu, jumlah warga Wonogiri yang terkonfirmasi Covid-19 belakangan mengalami peningkatan secara signifikan. Data terkini Covid-19 Kabupaten Wonogiri, tercatat ada sebanyak 571 orang terkonfirmasi corona. Perinciannya, sebanyak 24 dirawat di Rumah Sakit (RS), 94 menjalani isolasi mandiri, 422 sembuh dan 31 meninggal.

blank
Pemanjatan doa dilakukan oleh para personel Tim Covid Kabupaten Wonogiri, untuk menandai selesainya prosesi penguburan jenazah secara protokol kesehatan.

Dalam tiga hari terkahir ini, jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri, mengalami peningkatan sebanyak 97 orang. Karena data pada Selasa (17/11) lalu, jumlah terkonfirmasi Covid-19 tercatat sebanyak 474 orang.

Data yang suspect dan probable dalam tiga hari terkahir ini juga mengalami peningkatan sebanyak 2 orang, dengan penambahan kematian 2 orang. Data terkini yang suspect dan probable tercatat sebanyak 120 orang. Perinciannya, yang dirawat di RS sebanyak 3 orang, sembuh 93 orang dan meninggal 23 orang.

Bambang Pur