blank
Desk Evaluasi Zona Integritas melakukan penilaian di Mapolres Magelang. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – “Kapolres bisa datang dan pergi silih berganti, tetapi mental melayani harus ada terus di dalam hati nurani anggota Polres Magelang, kami selalu semangat dan bertekad menjadi lebih baik lagi kepada masyarakat sebagai pelayan bukan sebagai penguasa”.

Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba mengatakan hal itu saat memaparkan kesiapan Polres Magelang dalam acara Desk Evaluasi Zona Integritas oleh Kementerian PANRB yang dilaksanakan secara virtual di Aula Polres Magelang, Kamis (19/11/2020). Acara itu diikuti Wakapolres, pejabat utama, serta para operator pengungkit.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini Polres Magelang merupakan salah satu satker dan satwil yang diajukan oleh Polda Jateng dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani( WBBM).

Berdasarkan surat Kementerian PANRB Nomor : B/161/PW.03/2020 tanggal 10 November 2020 pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas tahun 2020 di lingkungan unit kerja polri dilaksanakan pada 18 sampai 24 November 2020.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Polres Magelang dari Kementerian PANRB menyampaikan beberapa pertanyaan kepada Kapolres Magelang berkaitan dengan upaya dan hasil pembangunan Zona Integritas di Polres Magelang.

“Apakah inovasi pada saat proses menuju Wilayah Bebas dari Korupsi( WBK) masih berjalan, dikembangkan atau tidak berjalan,” tanya Ketua Tim Firmansyah.

Mendapatkan pertanyaan itu Kapolres Magelang  menyampaikan  memiliki Command Center Borobudur Monitoring Center(BMC) yang masih berfungsi dengan baik dan programnya ditingkatkan. Seperti gedung diberi fasilitas yang lebih baik. “Kami meningkatkan kualitas secara fisik maupun perilaku petugasnya,” katanya.

Kapolres juga menambahkan bahwa Zona Integritas di Polres Magelang tetap terbangun walaupun pimpinan di Polres Magelang silih berganti atau sering mutasi jabatan.

“Yang mengontrol kami pertama adalah masyarakat, kami memastikan operator dari pengungkit kita bangun mind set dari hati, berkali kali ganti pimpinan tetap tulus ikhlas,” tegasnya.

Dia berharap  pelaksanaan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Polres Magelang bisa mengetahui kekurangan dan pihaknya dapat menindaklanjuti rekomendasi dari Tim Evaluasi.  Lebih utama dapat meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Eko Priyono-trs