blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo ketika menerima hadiah buku dari Dubes India. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat mengunjungi Wonosobo, Jumat (20/11). Selama kunjungan di kota pegunungan ini, Dubes India sangat kagum dengan potensi alam yang ada.

Didampingi istrinya, Shruti Rawat dan Sekretaris Politik Kedutaan Besar India, Juliyana, Pradeep bertemu langsung dengan Bupati Eko Purnomo dan Wabup Agus Subagiyo yang masing-masing juga bersama istri, di ruang perlindungan Suharto-Whitlam, komplek Pendopo Wonosobo.

Kunjungan pertama ke Wonosobo tersebut, dijelaskan Pradeep merupakan silaturahmi persahabatan dengan sejumlah tujuan, yaitu berdiskusi perihal Penanganan Pandemi Covid+19, pembangunan Desa, serta potensi Pariwisata.

“Wonosobo sangat terkenal dengan keindahan alam dan Pesona Sunrise nya, dan juga kami ingin menindaklanjuti adanya program kerjasama antara Kementerian Desa dengan Pemerintah India dalam Bidang Pembangunan Desa,” tutur Pradeep.

Program kerjasama antara Kemendesa dengan Pemerintah India tersebut, diakui Pradeep telah berjalan, dan bahkan sebanyak 20 Kepala Desa dari Indonesia telah dikirim ke India, di mana salah satu Kades berasal dari Burat, Kepil Wonosobo.

“Dalam catatan kami, Kepala Desa yang turut dalam kunjungan ke India atas nama Ahmad. Kerjama Negara India dengan Pemkab Wonosobo perlu terus dibangun. Daerah ini punya sumber daya alam yang luar biasa,” bebernya.

Karena itulah, ia mengaku tertarik untuk datang langsung ke Wonosobo dan mengetahui sejauh mana implementasi hasil dari program kerjasama dua Negara tersebut, serta membuka kemungkinan kunjungan balasan dari perwakilan desa-desa di India ke Indonesia.

Selain tentang pembangunan perdesaan, Pradeep juga mengaku ia ingin berdiskusi dengan Bupati perihal Penanganan Pandemi Covid-19, sehingga bisa menjadi referensi dan pembelajaran bersama kedua belah pihak.

Bapak Kemanusiaan

blank
Dubes India Pradeep Kumar Rawat terlibat obrolan santai dengan Bupati Wonosobo Eko Purnomo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepada Bupati, Pradeep juga menyampaikan bahwa India tengah dalam masa peringatan 150 Tahun Bapak Kemanusiaan Mahatma Gandhi, dan memberikan hadiah berupa buku tentang tokoh besar dunia tersebut kepada Pemkab Wonosobo.

Menanggapi kunjungan Dubes India, Bupati Eko Purnomo mengaku sangat terkesan dan berterimakasih telah memilih Wonosobo sebagai destinasi silaturahmi.

“Tentu dari kunjungan ini banyak yang bisa kita pelajari bersama, sehingga kedepan membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik bagi Wonosobo maupun India,” jelas Eko saat ditemui seusai diskusi.

Sejumlah poin penting yang akan menjadi catatan, menurut Eko adalah adanya upaya kerjasama di sektor pembangunan Desa dan Pariwisata, serta kemungkinan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal India ke Wonosobo bisa ditindaklanjuti.

Senada, Wakil Bupati Agus Subagiyo juga menyambut hangat kesediaan Dubes dari Negeri Shah Rukh Khan itu untuk mengunjungi Wonosobo.

“Kita terus berupaya membuka diri dan mengundang siapa saja, termasuk dari India dan seluruh dunia untuk datang dan menikmati keindahan alam di Wonosobo,” ungkapnya.

Namun demikian, katanya, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi maka memang penerapan Protokol Kesehatan secara ketat harus terus disosialisasikan.

Adanya kunjungan pejabat dari Mancanegara, diakui Wabup akan meningkatkan kepercayaan diri dan semangat Wonosobo untuk bangkit membangun daerah, serta memotivasi semua pihak untuk terus berjuang sinergis menghadapi virus Corona.

Selain berdiskusi dengan jajaran Pemkab Wonosobo, Wabup menyebut rombongan Dubes juga akan mengunjungi Kebun dan Pabrik Pengolahan Teh di PT Tambi Kejajar, serta menikmati keindahan Sunrise di Bukit Sikunir, Sembungan hingga ke Pasar Tradisional di Garung.

Muharno Zarka-Wahyu