blank

BATANG (SUARABARU.ID) – Untuk meningkatkan peran serta masyarakat melalui pengamanan swakarsa demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta mendukung pelaksanaan pilkada serentak Jawa Tengah Th 2020 pada masa pandemi covid-19, Polda Jawa Tengah melakukan pembinaan pada petugas siskamling dan Potmas di Rupatama Polres Batang, Selasa (17/11/2020) lalu.

blank

Hadir dalam giat tersebut, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, SIK, MSi, Ketua Tim dari Polda Kompol Wahyudi, SPd, MH, beserta anggota, Ketua FKUB Batang Drs H Subkhi Kumaedi, MH, Wakapolres Batang Kompol Made Ariawan Budaya, SH, Kasat Binmas Polres Batang AKP Busono, SH, perwakilan petugas siskamling, perwakilan petugas pokdar kamtibmas, perwakilan anggota dari kamtibmas.

Ketua Tim Polda Jawa Tengah Kompol Wahyudi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pembekalan para mitra Polri untuk waspada terkait bahaya radikalisme dan peredaran penyalahgunaan narkotika.

“Kita bekali mereka agar tetap waspada terhadap bahaya gerakan radikal yang sering menggunakan simbol agama dengan dalih pemurnian ajaran agama, yang sengaja disebarkan oleh kelompok kelompok bertujuan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Kompol Wahyudi.

Para Mitra Polri ini, kata dia, merupakan kepanjangan tangan Polri yang turut membantu tugas-tugas Kepolisian di masyarakat. “Diharapkan mereka dapat memberikan pencerahan kepada warga pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama, jangan mudah terhasut isu dan provokatif yang menyesatkan” tandasnya.

Selain itu, mereka juga diminta mewaspadai bahaya peredaraan penyalahgunaan narkotika dan psikotropika dikalangan anak muda. “Segera lakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian, jika mendengar informasi adanya sindikat peredaraan narkotika disekitar warga, agar segera dilakukan penanganan,” tegasnya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan ini dapat terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif jelang pilkada serentak di wilayah Jawa Tengah.

Nur Muktiadi