blank
Roberto Mancini/dok

SARAJEVO (SUARABARU.ID) – Italia akhirnya menembus semifinal UEFA Nations League. Squadra Azzurra mengatasi Bosnia-Herzegovina 2-0 pada laga pamungkas Grup 1 Liga A di Stadion Grbavica, Sarajevo, Kamis (19/11) dini hari WIB. Dua gol tim tamu dihasilkan Andrea Belotti dan Domenico Berardi

”Saya berterima kasih kepada semua pemain yang berkontribusi untuk mencapai titik ini selama dua tahun terakhir. Kami memiliki beberapa pemain muda yang sangat bertalenta. Kami hanya perlu memberi mereka kesempatan. Jika memiliki bakat, skill mereka bakal terlihat dalam enam atau tujuh bulan,” ungkap Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini kepada Mirror.

Gli Azzurri memuncaki klasemen dengan mengoleksi 12 angka, unggul satu poin di atas Belanda. Italia kini tak terkalahkan dalam 22 partai tanpa putus. Kekalahan terakhir mereka terjadi pada September 2018 ketika ditundukkan Portugal 0-1 dalam pertandingan UEFA Nations League. Catatan ini merupakan yang terbaik sejak Juli 2006.

Pada Juli 2006, Gli Azzurri pernah menorehkan rekor tak terkalahkan dalam 25 laga. Kala itu mereka ditukangi Marcello Lippi. Rekor yang dibukukan Italia saat ini terasa luar biasa.

Sebab, dalam beberapa kesempatan, mereka kerap harus tampil dalam kondisi yang tak ideal. Badai cedera dan pandemi Covid-19 membuat Pasukan Biru kehilangan sejumlah pemain pilar. Saat memukul Bosnia, Gli Azzurri juga tidak didampingi Mancini di pinggir lapangan setelah dinyatakan positif Covid-19.

Mancini dipilih melatih Timnas sejak Mei 2018. Misinya adalah membangkitkan La Nazionale setelah gagal menembus putaran final Piala Dunia 2018. Mantan manajer Manchester City ini telah menjalani 24 laga bersama Italia.

Hasilnya, meraih 15 kemenangan, tujuh seri, dan cuma dua kali kalah. Undian semifinal UEFA Nations League akan digelar pada 3 Desember 2020. Duel semifinal baru dimainkan pada 6-7 Oktober 2021.

rr