Pelaksanaan swab antigen beberapa waktu lalu di lingkungan DPRD Kabupaten Grobogan. Foto : dok.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Tiga anggota DPRD Grobogan dinyatakan sembuh setelah sebelumnya sempat menjalani isolasi mandiri dan dirawat di RS. Ketiganya antara lain, Setyohadi, Rio Ardian dan Rizky Bintang Fauzi.

Mereka dinyatakan sembuh setelah dilakukan uji swab dua kali berturut-turut. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, dr Slamet Widodo.

“Ketiga anggota DPRD tersebut hasil uji swab dua kali berturut-turut, hasilnya keluar hari ini dan ketiganya dinyatakan negatif, sehingga mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan Slamet Widodo, Rabu (18/11/2020).

Pihaknya menyebutkan, sebelumnya dua anggota DPRD melakukan isolasi mandiri di rumah, yakni Setyohadi dan Rizky Bintang Fauzi. Sedang, Rio Ardian menjalani perawatan di rumah sakit sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

“Kondisinya sudah bagus. Mereka sehat semua, karena memang tidak ada penyakit penyerta,” terangnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Dinkes Grobogan langsung melakukan pelacakan pasca ditemukannya tiga anggota yang terpapar Covid-19. Pelacakan tersebut dilakukan dengan swab antigen pada Rabu (11/11/2020), pekan lalu.

Target 50 orang, hanya 43 yang mengikuti rapid tes, yaitu anggota dewan, staf komisj dan pejabat struktural dewan. Dari hasil rapid tes antigen tersebut, seluruhnya nonreaktif.

“Hasilnya rapid test antigen tersebut non reaktif semua. Hal ini menunjukan tidak adanya transmisi lokal di kantor DPRD Grobogan. Kemungkinan, mereka tertular saat melakukan kegiatan di luar,” imbuh Slamet.

Pejabat Terpapar Covid-19

Di samping kabar sembuhnya tiga anggota DPRD Kabupaten Grobogan yang terpapar Covid-19, Dinkes Grobogan kembali melaksanakan pelacakan. Kali ini dilakukan di Kantor Inspektorat Kabupaten Grobogan.

Pelaksanaan rapid test ini menyusul adanya pejabat berinisial S yang terpapar Covid-19. Tak hanya itu, istri pejabat tersebut juga terjangkit penyakit yang sama. Keduanya kini menjalani perawatan.

“Berdasar uji swab yang hasilnya keluar Senin (16/11/2020) kemarin, keduanya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, sehingga kami melakukan penelusuran terhadap kontak erat keduanya. Termasuk tempat kerja yang bersangkutan,” imbuh Slamet.

Hingga Rabu (18/11/2020), perkembangan Covid-19 di Kabupaten Grobogan terdapat tambahan tiga kasus baru. Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih, ketiganya antara lain, Tn GAW (33), warga Kecamatan Geyer dan dua oranh berasal dari Kradenan yakni Ny SNK (55) dan Tn HHI (37).

“Selain itu ada tiga pasien sembuh dari Covid-19. Keseluruhan perkembangan Covid-19 hingga hari ini, ada 678 kasus Covid-19. Dengan rincian, 545 orang dinyatakan sembuh, 38 orang masih menjalani isolasi mandiri dan perawatan di fasilitas kesehatan. Kemudian, ada 95 orang meninggal dunia,” kata Endang.

Hana Eswe-Wahyu